Pemanfaatan media kliping untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar membuat disain cetak saring

(1) * Andi Wadi Mail (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sukasada, Buleleng, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar membuat disain cetak saring melalui penggunaan media kliping pada siswa kelas X1 semester ganjil program keahlian Desain dan Produksi Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Sukasada. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, pemberian tugas dan ujian tulis, selanjutnya data dianalisis sesuai dengan indikator setiap aspek penilaian dengan menggunakan rumus. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, dimana prestasi belajar siswa sebelumnya sebesar 7,7 dari KKM 7,0. Hasil penelitian siklus pertama menunjukkan prestasi belajar siswa sebesar 7,8 (tujuh koma delapan). Rendahnya prestasi belajar tersebut dipicu oleh rendahnya nilai aspek kreativitas dan disain. Sedangkan prestasi belajar pada siklus kedua sebesar 8,6 (delapan koma enam), dengan peningkatan prestasi belajar dari tahun sebelumnya rata-rata sebesar 0,9 (nol koma sembilan). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa, pemanfaatan media kliping dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa, pada pembuatan Disain Cetak Saring 


Keywords


Media; Kliping; Kreativitas; Prestasi Belajar; Cetak Saring

   

DOI

http://dx.doi.org/10.33292/ter.v3i2.83
      

Article metrics

10.33292/ter.v3i2.83 Abstract views : 92

   

Cite

   

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teacher in Educational Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER

TER Stats