Dwi Ermavianti Wahyu Sulistyorini (1)
This study aims to determine the application of self-assessment-based practice skills assessment on distance learning productive subjects as well as to know the impact resulting from the application of practice skills assessment based on self-assessment of distance learning in productive subjects. This study uses qualitative descriptive methods written based on the teacher's best experience during learning (empirical) or best practice—data collection techniques using observation, documentation, interviews, and tests. At the same time, the data analysis technique is conducted a qualitative analysis that describes the learning atmosphere in the virtual classroom. Data obtained online is done by students and teachers, with the stages of research operations including (1) learning preparation, (2) implementation of learning and (3) evaluation of learning. The impact gained from the application of self-assessment-based practice skills assessment for distance learning.
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian keterampilan praktik berbasis self assessment pada pembelajaran jarak jauh mata pelajaran produktif serta mengetahui dampak yang dihasilkan dari penerapan penilaian keterampilan praktik berbasis self assessment pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran produktif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang ditulis berdasarkan pengalaman terbaik guru selama pembelajaran (empiris) atau best practice. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Sedangkan teknik analisis data dilakukan analisis kualitatif yang menggambarkan suasana pembelajaran di kelas virtual. Data diperoleh secara online dilakukan oleh siswa dan guru, dengan tahapan operasiobal penelitian meliputi 1) persiapan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran dan 3) evaluasi pembelajaran. Dampak yang diperoleh dari penerapan penilaian keterampilan praktik berbasis self assesment untuk pembelajaran jarak jauh ini memberikan dampak positif karena dapat dapat mengajarkan siswa untuk memahami dan mengukur kemampuan dirinya dalam pembelajaran praktik mendisain yang dilakukan pada gambar profil di kertas. Penilaian keterampilan praktik ini akan lebih dikembangkan oleh guru untuk semua mata pelajaran produktif kejuruan karena sangat mudah diaplikasikan, sehingga direkomendasikan bagi semua guru-guru pada mata pelajaran serumpun.Â