Pengembangan instrumen penilaian sikap jujur pada pembelajaran siswa sekolah dasar

(1) Tri Wahyu Widyaningsih Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
(2) Wiwin Nofa Resmanti Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
(3) Muslihudin Muslihudin Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
(4) Ari Setiawan Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
(5) * Djudjur Luciana Rajagukguk Mail (Universitas Nasional, Indonesia)
(6) Yayu Sriwartini Mail (Universitas Nasional Indonesia, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan  langkah-langkah pengembangan instrument penilaian sikap jujur pada peserta didik di SD N 1 Selokromo serta untuk mengetahui kualitas produk pengembangan berupa instrument tersebut. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dengan  skala Likert. Hasil angket yang diperoleh dari google form pada uji coba luas menunjukan  bahwa rata-rata skor yang diperoleh 51,10, skor terendah 34, tertinggi 64. Varians angket 40.725 sedangkan standard deviasinya 6,382. Angka KMO Measure of Sampling Adequacy (MSA) adalah 0,749. Karena nilai (0,749 >0,5) hal ini menunjukkan kecukupan dari sampel.  Angka KMO and Bartlett's Test  yang nampak pada nilai chi-square sebesar 186,198 dengan nilai signifikasi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa adanya korelasi antar variabel dan layak untuk diproses lebih lanjut. Uji validitas menunjukan bahwa dari 16 butir instrumen 13 butir valid. Dalam pengujian reliabilitas instrument final. Untuk menghitung reliabilitas instrumen dengan cara melihat harga Cronbach’s alpha > 0,60. Dengan bantuan komputer menggunakan SPSS versi.26 didapat instrument akhir dengan harga koefisien alpha sebesar 0,706. Maka dapat disimpulkan bahwa butir-butir instrument akhir penelitian tersebut reliabel. Instrumen penilaian sikap jujur untuk siswa SD/sederajat  yang valid dan reliabel bisa digunakan sebagai panduan penilaian.


Keywords


Honest; Student Learning; Attitude

   

DOI

http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v4i1.224
      

Article metrics

10.33292/arisen.v4i1.224 Abstract views : 300 | PDF views : 150

   

Cite

   

Full Text

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tri Wahyu Widyaningsih, Wiwin Nofa Resmanti, Muslihudin, Ari. Setiawan, Djudjur Luciana Rajagukguk, Yayu Sriwartini

Creative Commons License
Arisen: Assessment and Research on Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/arisen.

 

ARISEN Stats