Login

Pengembangan instrumen penilaian sikap jujur pada pembelajaran siswa sekolah dasar

Vol. 4 No. 1 (2022):

Tri Wahyu Widyaningsih (1), Wiwin Nofa Resmanti (2), Muslihudin Muslihudin (3), Ari Setiawan (4), Djudjur Luciana Rajagukguk (5), Yayu Sriwartini (6)

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(4) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(5) Universitas Nasional, Indonesia
(6) Universitas Nasional Indonesia, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan  langkah-langkah pengembangan instrument penilaian sikap jujur pada peserta didik di SD N 1 Selokromo serta untuk mengetahui kualitas produk pengembangan berupa instrument tersebut. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dengan  skala Likert. Hasil angket yang diperoleh dari google form pada uji coba luas menunjukan  bahwa rata-rata skor yang diperoleh 51,10, skor terendah 34, tertinggi 64. Varians angket 40.725 sedangkan standard deviasinya 6,382. Angka KMO Measure of Sampling Adequacy (MSA) adalah 0,749. Karena nilai (0,749 >0,5) hal ini menunjukkan kecukupan dari sampel.  Angka KMO and Bartlett's Test  yang nampak pada nilai chi-square sebesar 186,198 dengan nilai signifikasi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa adanya korelasi antar variabel dan layak untuk diproses lebih lanjut. Uji validitas menunjukan bahwa dari 16 butir instrumen 13 butir valid. Dalam pengujian reliabilitas instrument final. Untuk menghitung reliabilitas instrumen dengan cara melihat harga Cronbach’s alpha > 0,60. Dengan bantuan komputer menggunakan SPSS versi.26 didapat instrument akhir dengan harga koefisien alpha sebesar 0,706. Maka dapat disimpulkan bahwa butir-butir instrument akhir penelitian tersebut reliabel. Instrumen penilaian sikap jujur untuk siswa SD/sederajat  yang valid dan reliabel bisa digunakan sebagai panduan penilaian.