Sikap nasionalisme dalam pembelajaran jarak jauh: Inovasi instrumen untuk siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.33292/arisen.v4i2.231Keywords:
Instrumen Pengembangan, Penilaian Sikap, NasionalismeAbstract
Tujuan dari karya ini adalah untuk menghasilkan pengembangan sikap nasionalisme yang baku pada siswa-siswi sekolah dasar. Di sisi lain yaitu unutk mengetahui hasil dan jug apengukuran nasisonalisme siswa-siswi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan.adapun lokasi untuk tempat melakukan penelitian adalah SDN 2 Lumajang, Kecamatan Watumalang. Subjek dalam penelitian ini adalah beberapa siswa dari kelas 4, 5 dan 6 yang seluruh totalnya mencapai 100 anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan instrument Google form. Teknik analisis yang di lalukan peneliti dalam menguji validasi yaitu menggunakan penelitian yang dilakukan, yaitu jenis penelitian dan pengembangan. Lalu, hasil uji validasi LKS pada validasi ahli. Semua soal memiliki kriteria sangat relevan dan dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 15 item dengan nilai Croncbach’s alpha sebesar 0,879. Karena nilai Croncbach's alpha 0,879 > 0,60, maka dapat disimpulkan bahwa 15 pertanyaan atau seluruh pertanyaan dalam kuesioner untuk variabel “evaluasi afektif aspek kebangsaan pada siswa sekolah dasar” adalah reliabel atau konsisten. Hasil rotasi varimax, variabel dibagi untuk setiap faktor, yaitu 5 faktor terbentuk .
Nationalism in distance learning: An instrument innovation for elementary school students
Abstract: The purpose of this work is to produce the development of a standard attitude of nationalism in elementary school students. On the other hand, namely, to find out the results and also the measurement of student nationalism. This research is development research. The location for the research is SDN 2 Lumajang, Watumalang District. The subjects in this study were several students from grades 4, 5, and 6, which totaled 100 children. The data collection technique used is using the Google Form tool. The analysis technique given by the researcher in testing the validation uses the research conducted, namely the type of research and development. Then, the results of the LKS validation test are on expert validation. All questions have very relevant criteria and are declared valid. The results showed that there were 15 items with a Cronbach's alpha value of 0.879. Because the value of Croncbach's alpha is 0.879 > 0.60, it can be concluded that the 15 questions or all the questions in the questionnaire for the variable “evaluation of the affective aspects of nationality in elementary school students” are reliable or consistent. As a result of the varimax rotation, the variable is divided for each factor. Namely, five factors are formed.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Assessment and Research on Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/arisen.