Login

Pengembangan instrumen penilaian afektif sikap peduli siswa sekolah dasar

Vol. 4 No. 2 (2022):

Margareta Ruri Daruati (1), Dwiana Dyah Kuntari (2), Makmur Haji Harun (3), Setiawati Setiawati (4), Yayu Sriwartini (5)

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(2) , Indonesia
(3) Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia
(4) STAI Hubbulwathan Duri, Indonesia
(5)

Abstract:

Kesulitan guru mengembangakan instrumen penilaian sikap peduli mengakibatkan penilaian yang dilakukan kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap peduli siswa sekolah dasar yang baku dan mengetahui hasil pengukuran sikap peduli siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan instrument penilaian sikap peduli ini mengacu pada skala sumative rating scale untuk mengukur sikap seseorang. Responden penelitian adalah siswa SD kelas IV, V dan VI yang berjumlah 167 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa googleform yang disedarkan ke sejumlah responden. Teknik analisis data untuk menguji validitas menggunakan indeks aiken dan EFA (eksploratory faktor analisis), untuk reliabilitas instrumen menggunakan pendekatan alpha cronbach, perhitungan menggunakan bantuan SPSS 25.0. Hasil pengembangan instrumen menunjukan semua butir memiliki indeks validitas aiken yang masuk kategi tinggi. Validitas konstruk menunjukan 23 butir valid dan reliabilitas masuk kategori reliabel. Hasil penilaian mengunakan instrumen yang sudah baku menunjukkan bahwa siswa kelas IV, V dan VI sekolah dasar memiliki sikap peduli pada kategori sangat tinggi.