Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar: Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter

Authors

  • Imroatun Khoiriyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Susmarini Susmarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Jelita Jelita IAIN Langsa
  • Arifin Nur Budiono Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.33292/arisen.v5i1.255

Keywords:

Menumbuhkan, Kepercayaan diri, Siswa Sekolah Dasar, Pengembangan Instrumen, Penilaian Karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru mengukur nilai percaya diri, mengetahui bentuk instrumen pengukuran nilai percaya diri, dan mengetahui kecenderungan nilai percaya diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan sampel penelitian siswa kelas 4, 5, dan 6 di Gugus Taruna Krida Kecamatan Sawangan. Teknik wawancara dan observasi digunakan untuk mengetahui bagaimana guru mengukur nilai percaya diri. Prosedur pengembangan instrumen yakni: model hipotetis; validasi ahli menggunakan teknik Delphi; revisi I; uji keterbacaan; revisi II; uji coba agak luas; revisi III; uji coba luas; instrumen final; dan implementasi instrumen final. Analisisnya yang dilakukan meliputi: validitas butir menggunakan analisis korelasi product moment; uji reliabilitas menggunakan formula Cronbach Alpha; validitas isi; validitas konkuren; dan validitas konstruk menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian: guru menggunakan jurnal dalam melakukan pengukuran nilai percaya diri siswa, instrumen nilai percaya diri valid dan reliabel dengan 2 indikator memuat 27 butir pernyataan, dan kecenderungan nilai percaya diri siswa SD di Gugus Taruna Kecamatan Sawangan dalam kategori sangat tinggi.

 

Cultivating Self-Confidence in Primary School Students: Development of Character Assessment Instruments

 

Abstract: The purpose of this study was to find out how teachers measure self-confidence scores, find out the form of self-confidence measurement instruments, and find out the tendency of students' self-confidence scores. This type of research is research and development with research samples of grade 4, 5, and 6 students in the Krida Taruna Cluster, Sawangan District. Interview and observation techniques are used to find out how the teacher measures self-confidence. Instrument development procedures namely: a hypothetical model; expert validation using the Delphi technique; revision I; readability test; revision II; rather extensive trials; revision III; extensive trials; final instrument; and implementation of the final instrument. The analysis carried out includes: item validity using product moment correlation analysis; reliability test using the Cronbach Alpha formula; content validity; concurrent validity; and construct validity using factor analysis. The results of the study: the teacher uses journals in measuring students' self-esteem, the self-confidence score instrument is valid and reliable with 2 indicators containing 27 statement items, and the tendency for elementary school students' self-confidence scores in the Cluster of Taruna, Sawangan District, is in the very high category.

Author Biographies

Imroatun Khoiriyah, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Susmarini Susmarini, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Jelita Jelita, IAIN Langsa

FTIK IAIN Langsa

Published

2023-10-02

Issue

Section

Articles