Siti Maryam (1), Ari Setiawan (2), Nasutip Nasutip (3), Sudaryanta Sudaryanta (4), Moh Kasturi Nor Abd Aziz (5)
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui kualitas instrumen afektif percaya diri dilihat dari validitas dan realibilitas, (2) Mengetahui cara menganalisis hasil jawaban instrumen responden, (3) Mengetahui hasil analisis instrumen afektif percaya diri yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yaitu model penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan hasil produk tersebut. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV,V,VI di SD N 1 Gadingrejo, SD N 3 Jangkrikan, SD N 1 Tempurejo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui google formulir. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan uji validitas isi oleh expert judgement diperoleh bahwa instrumen penilaian afektif percaya diri memiliki validitas yang baik. Hasil validitas isi oleh ahli 1,2 3 semua semua soal berkriteria sangat relevan dan dinyatakan valid. Reliabilitas uji statistik melalui Cronbach Alpha adalah 0.785 sehingga disimpulkan bahwa 15 butir pertanyaan dinyatakan reliabel dan dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. (2) Cara menganalisis hasil jawaban instrumen responden melalui angket dari google form dan diolah menggunakan aplikasi SPSS (3) Hasil analisis instrumen menggunakan aplikasi SPSS dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Abstract: The purpose of this study was to (1) Know the quality of the confident affective instrument seen from its validity and reliability, (2) Know how to analyze the results of the respondents' instrument answers, (3) Know the results of the analysis of the confident affective instrument developed using the SPSS application. This type of research is research and development, namely a research model that is used to produce certain products, and to test the effectiveness of the results of these products. The subjects of this study were students in grade IV, V, VI at SD N 1 Gadingrejo, SD N 3 Jangkrikan, SD N 1 Tempurejo. The data collection technique uses a questionnaire via google form. Technique validity of data by triangulation of sources with triangulation of techniques. The results of this study are (1) Based on the content validity test by expert judgment, it is found that the affective confidence assessment instrument has good validity. The results of content validity by experts 1,2 3 all criterion questions are very relevant and declared valid. The reliability of the statistical test through Cronbach Alpha was 0.785, so it was concluded that 15 questions were declared reliable and could be used as a research instrument. (2) How to analyze the results of the respondent's instrument answers through a questionnaire from google form and processed using the SPSS application (3) The results of the analysis of the instrument using the SPSS application with the process of data collection, data reduction, data presentation and conclusions.