Anis Nuryati Suprapto (1), Diah Artantia Sari (2), Nurul Lestari (3)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian karakter disiplin kinerja pada siswa SMK. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R & D) enggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 246 siswa kompetensi keahlian kuliner di SMKN 6 Yogyakarta yang telah menempuh pemebelajaran produktif. Hasil yang didapat adalah instrument penilaian karakter disiplin kinerja dengan 5 dimensi : 1) kesadaran dan kesediaan, 2) kesesuaian sikap perilaku dan tindakan dengan ketentuan, 3) alat komunikasi, 4) tindakan pembimbing bagi siswa, 5) waktu. Memiliki validitas yang baik dan reliabilitas yang konsisten sehingga instrument tersebut dapat digunakan untuk mengukur karakter disiplin kinerja pada siswa.
Abstract: The study aimed to develop an instrument to measure the character of work discipline in vocational high school students. The method used was Research and Development (R & D), a quantitative approach with a sample of 246 students of culinary expertise at SMKN 6 Yogyakarta who had completed productive learning. The results were an instrument to measure the character of work discipline with 5 dimensions: 1) awareness and willingness, 2) conformity of attitudes, behaviors, and actions with regulations, 3) communication tools, 4) actions of mentors for students, and 5) time. The instrument has good validity and reliability, so it can be used to measure the character of work discipline in students.