Login

Pengembangan instrumen penilaian sikap disiplin anak usia dini

Vol. 6 No. 1 (2024):

Wiwik Herawati (1), Samsi Haryanto (2), Ari Setiawan (3)

(1) TK Pertiwi Banyubiru, Indonesia
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap disiplin anak usia dini yang baku. Dan mengetahui hasil penilaian sikap disiplin anak.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D). Pengembangan Instrumen yang akan dilakukan oleh peneliti menggunakan model Borg & Gall yang dimodifikasi. Lokasi penelitian ini berada di Gugus Melati Kecamatan Dukun. Yang terdiri dari TK Pertiwi Banyubiru, TK MNU Banyubiru, TK Pertiwi Ketunggeng, dan TK ABA Ngadipuro. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4 – 6 tahun. Kelompok A dan Kelompok B. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara dan lembar observasi. Tehnik analisis data untuk menguji validitas menggunakan Exploratory Factor Analisis (EFA), analisis hasil pengisian lembar observasi dengan menghitung korelasi skor butir dengan skor total, pengujian validitas dan reliabilitas, analisis faktor, dan statistik deskriptif, menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki sikap disiplin tinggi ada 41 anak. Kategori sedang ada 88 anak. dan kategori rendah ada 21 anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap disiplin anak usia dini di Gugus Melati Kecamatan Dukun berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 88 anak dengan prosentase 59% .


 


Abstract : This study aims to produce a standardized assessment instrument for early childhood discipline attitudes. And knowing the results of the assessment of children's discipline attitudes. This type of research is a research and development (Research and Development / R&D). Instrument development that will be carried out by the researcher uses a modified Borg & Gall model. The location of this research is in the Melati Cluster, Dukun District. Which consists of TK Pertiwi Banyubiru, TK MNU Banyubiru, TK Pertiwi Ketunggeng, and TK ABA Ngadipuro. The subjects of this study were children aged 4 - 6 years. Group A and group B. Data collection techniques using interviews and observation sheets. Data analysis techniques to test the validity using Exploratory Factor Analysis (EFA), analysis of the results of filling out the observation sheet by calculating the correlation between the item score and the total score, testing the validity and reliability, factor analysis, and descriptive statistics, using SPSS 16.0. The results showed that there were 41 children who had a high discipline attitude. There are currently 88 children in the category. and in the low category there are 21 children. So it can be concluded that the discipline attitude of early childhood in Gugus Melati, Dukun District is in the medium category, namely 88 children with a percentage of 59%.