Login

Menakar karakter diam yang bermakna: Pengembangan instrumen Neng (Meneng)

Vol. 6 No. 1 (2024):

Rusman As’ari (1), Supriyoko Supriyoko (2), Yuli Prihatni (3)

(1) SMP Negeri 2 Kaliangkrik, Indonesia
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

Abstract:

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian karakter Neng (Meneng) yang valid dan reliabel serta mengukur tingkat karakter Neng siswa di SMP Negeri 2 Kaliangkrik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan penyusunan kisi-kisi, pengembangan instrumen, validasi konstruk melalui analisis faktor, serta uji reliabilitas. Hasil analisis menghasilkan 13 faktor dengan total 37 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Temuan menunjukkan distribusi karakter Neng siswa berada pada kategori sangat tinggi (62 siswa), tinggi (131 siswa), dan sedang (7 siswa), tanpa ada siswa dalam kategori rendah maupun sangat rendah. Simpulan, instrumen ini layak digunakan untuk menilai karakter meneng pada siswa SMP dan mencerminkan keberhasilan internalisasi nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran.



Measuring meaningful silence character: Development of Neng (Meneng) instrument


Abstract: This research aims to develop a valid and reliable Neng (Meneng) character assessment instrument and measure the level of Neng character of students at SMP Negeri 2 Kaliangkrik. The method used is research and development (R&D) with the stages of grid preparation, instrument development, construct validation through factor analysis, and reliability testing. The analysis resulted in 13 factors with a total of 37 valid and reliable statement items. The findings show that the distribution of students' Neng character is in the very high (62 students), high (131 students), and medium (7 students) categories, with no students in the low or very low categories. In conclusion, this instrument is feasible to be used to assess Neng character in junior high school students and reflects the success of internalizing character values in the learning process.