Pengembangan alat tes kemampuan menyimak (compréhension orale) DELF tingkat A1 berbasis web

Rizda Endean Ngoluanta Batubara(1*), Sufriati Tanjung(2),

(1) Program Studi Linguistik Terapan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Program Studi Linguistik Terapan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat tes kemampuan menyimak DELF tingkat A1 berbasis web untuk mahasiswa/i semester dua, di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Yogyakarta, tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk penelitian ini adalah tes berbasis web. Validasi tes dilakukan oleh ahli materi DELF dan validasi web dilakukan oleh ahli media. Proses pengembangan CO DELF tingkat A1 berbasis web terdiri atas dua tahap, yaitu tahap pengembangan tes dan pengembangan web. Penelitian ini telah menghasilkan tes evaluasi hasil belajar kemampuan menyimak (Comprèhension Orale) DELF tingkat A1 yang baik dari segi isi tes baik dan memiliki koefisien reliabilitas tes 0,671 kategori sedang. Hasil penilaian dari aspek sistem web adalah skor rerata 11,02 berkategori sangat baik. Hasil penilaian dari aspek tampilan web adalah skor rerata 8,64 berkategori baik. Hasil uji coba lapangan yang diperoleh adalah jumlah (total aspek sistem dan aspek tampilan) 945 dengan rerata 4,82. Dari hasil tersebut tes CO DELF A1 berbasis web ini memiliki kriteria sangan baik (SB) dan layak digunakan sebagai sistem ujian online di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, FBS UNY. 

 

Developing a web-based test DELF A1 level listening comprehension

 

Abstract

The objective of this research is to produce a web-based evaluation test of DELF A1 Level comprehension ability for the second semester students of French Education Department, Yogyakarta State University, in the academic year of 2013/2014. This research is a development research. The research product is a web-based test. The test validity was done by DELF material experts, and web validity was done by media experts. The development process of Compréhension Orale web-based DELF A1 Level consists of two steps: test development step and web development step. This research has produced a good web-based evaluation test of DELF A1 Level comprehension ability (Compréhension Orale) from its material test aspect, and has 0.671 score for test reliability coefficient, is categorized medium. Score for web system aspect is average score 11,02 and is categorized very good. Score for web display aspect is average score 8.64 and categorized good. It is concluded that field trial result is 945, a total of system aspect and display aspect, with average point 4.82. Based on this result, web-based DELF A1 Level Comprehension Orale is categorized very good, and is feasible and fit to be used as online test system in French Education, Faculty of Language and Arts, Yogyakarta State University.


Keywords


tes berbasis web; tes kemampuan menyimak; DELF; tingkat A1.

Full Text:

Fulltext PDF

References


Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction. New York: Longman.

Brown, H. D., & Abeywickrama, P. (2004). Language assessment. In Principles and Classroom Practices. White Plains, NY: Pearson Education Inc.

Djiwandono, S. (2008). Tes bahasa pegangan bagi pengajar bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Gall, M. D., Gall, J. P., Borg, W. R. D., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Boston, MA: Pearson Education Inc.

Hayat, B., Pranata, S. S., & Haribowo, H. (1997). Manual item and test analysis (ITEMAN). Jakarta: Puslitbangsisjian Balitbang Dikbud.

Hidayati, K. (2012). Manual item and test analiysis (ITEMAN): Pedoman penggunaan ITEMAN. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hinkle, D. E., Wiersma, W., & Jurs, S. G. (2003). Applied statistics for the behavioral sciences (Vol. 663). Houghton Mifflin College Division.

McIntyre, G. (1993). Sustainable tourism development: guide for local planners. World Tourism Organization (WTO).

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Murray, R. D., & Smith, E. O. (1983). The role of dominance and intrafamilial bonding in the avoidance of close inbreeding. Journal of Human Evolution, 12(5), 481–486. https://doi.org/10.1016/S0047-2484(83)80143-2

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v1i2.45

Article Metrics

Abstract view : 70 times
Fulltext PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Assessment and Research on Education

Creative Commons License
Arisen: Assessment and Research on Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/arisen.

 

ARISEN Stats