Penilaian portofolio untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentatif

Tika Sepirna(1*),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses dan kualitas hasil keterampilan menulis karangan argumentatif melalui penilaian portofolio siswa kelas X SMAN 1 Mandau. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus, setiap siklus meliputi tiga tahap: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Terjadinya  peningkatan kualitas proses karena adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik memiliki sikap positif terhadap pembelajaran menulis, dan lebih aktif bertanya tentang menulis. Peningkatan kualitas hasil melalui penilaian portofolio juga menunjukkan peningkatan pada pratindakan yang memperoleh rata-rata nilai 64,36: siklus I diperoleh rata-rata nilai 67,90 siklus II diperoleh rata-rata nilai 73,48 dan pascatindakan diperoleh rata-rata nilai 80,03.

 

Portfolio assessment to improve the writing skills of argumentative essays

 

Abstract

This study aimed at improving the tenth grade students’ argumentative essay writing skills in the process and result of writing teaching and learning through portfolio assessment at SMAN 1 Mandau. Methods used classroom action research consisted of two cycles with three steps in each cycle: planning, acting and observing, reflecting. The improvement of process quality because there's involvement of students in the learning process, students are more enthusiast during the learning process, students have a positive attitude towards writing study, and more active to ask about writing. Moreover, the students’ writing scores also increased. It could be seen from the improvement on the students’ mean scores from  64,36 to 80,03. The mean score in cycle 1 was 67,90, while in cycle 2 was 73,48.


Keywords


pembelajaran keterampilan menulis; karangan argumentatif; penilaian portofolio; penelitian tindakan kelas; learning writing skills; argumentative essay; portofolio assessment; classroom action research

Full Text:

Fulltext PDF

References


Ardipal, A. (2012). Kurikulum pendidikan seni budaya yang ideal bagi peserta didik di masa depan. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 11(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v11i1.69

Arumdyahsari, S., Hs, W., & Susanto, G. (2016). Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat madya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 828–834. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6263

Assapari, M. M. (2014). Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan perkembangannya di era globalisasi. PRASI, 9(18). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v9i18.8943

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Halidjah, S. (2010). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v2i1.367

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Madya, S. (2006). Teori dan praktik penelitian tindakan. Bandung: Alfabeta.

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54–59.

Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca melalui teka-teki silang (Penelitian tindakan di kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Puitika Jurnal Humaniora, 11(1), 82–93.

Sharifi, A., & Hassaskhah, J. (2011). The role of portfolio assessment and reflection on process writing. Asian EFL Journal, 13(1), 192–229.

Wijana, D. P. (2018). Pemertahanan dan pengembangan Bahasa Indonesia (Indonesian language maintenance and development). Widyaparwa, 46(1), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i1.166

Yurdabakan, I., & Erdoğan, T. (2009). The effects of portfolio assessment on reading, listening and writing skills of secondary school prep class students. Journal of International Social Research, 2(9).




DOI: http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v1i2.47

Article Metrics

Abstract view : 34 times
Fulltext PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Assessment and Research on Education

Creative Commons License
Arisen: Assessment and Research on Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/arisen.

 

ARISEN Stats