Login

Tinjauan kualitas pelayanan UPT Rumah Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Semarang melalui komunikasi interpersonal, fasilitas, dan tata ruang

Vol. 4 No. 1 (2024):

Hengky Pramusinto (1), Alvi Mukhifudin (2)

(1) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal, fasilitas per-pustakaan dan tata ruang perpustakaan terhadap kualitas pelayanan di UPT Perpustakaan UNNES (Rumah Ilmu). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan statistik deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel komunikasi interpersonal, fasilitas perpustakaan dan tata ruang perpusta-kaan terhadap kualitas pelayanan sebesar 61,9%. Secara parsial komunikasi interpersonal berpenga-ruh terhadap komunikasi interpersonal sebesar 11,90%, fasilitas perpustakaan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan sebesar 37,82% dan tata ruang perpustakaan berpengaruh terhadap kualitas pela-yanan sebesar 7,34%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal, fasilitas perpustakaan, dan tata ruang perpustakaan berpengaruh positif dan signikan terhadap kualitas pelayanan.

Kata Kunci: Interpersonal Communication; Facilities; Layout; Service Quality;

 

Studies of the service quality of the Universitas Negeri Semarang Library UPT Rumah Ilmu through interpersonal communication, facilities, and spatial layout

 

Abstract: This study aims to analyze the effect of interpersonal communication, library facilities, and library layout on service quality at the UNNES Library (Rumah Ilmu). Data collection methods using questionnaires, analyzed using multiple linear regression and percentage descriptive statistics. The results of this study indicate that there is a simultaneous influence of interpersonal communication variables, library facilities, and library layout on service quality by 61.9%. Partially, interpersonal communication affects interpersonal communication by 11.90%, library facilities affect service quality by 37.82% and library layout affects service quality by 7.34%. The results of this study also show that interpersonal communication, library facilities, and library layout have a positive and significant effect on service quality.

References

Achmad, A., Sutedjo, M., Surono, S., & Suprayitno, E. (2012). Layanan cinta: Perwujudan layanan prima++ perpustakaan. Sagung Seto.

Adhiarya, K., Setyadi, A., & Suwarno, W. (2013). Kajian sikap pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan di perpustakaan fakultas teknologi informasi dan komunikasi Universitas Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(1), 77–88. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/2797

Bafadal, I. (1992). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Bumi Aksara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro Press.

Gie, T. L. (2009). Administrasi perkantoran modern. Liberty Yogyakarta.

Guntara, S. B., & Suryani, N. (2017). Pengaruh pengolahan koleksi, kompetensi pengelola, dan fasilitas perpustakaan terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 973–986. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/20344

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas pelayanan publik: Konsep, dimensi, indikator dan implementasinya. Gava Media.

Lasa, H. S. (2008). Manajemen perpustakaan. Gama Media.

Marlina, G., Marzalisman, M., & Putri, S. W. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan perpustakaan di SMAN 1 Sijunjung. Jurnal Public Administration, Business and Rural Develoment Planning, 3(1), 34–40. https://ejournal.stia-lppn.ac.id/index.php/journal/article/view/91

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Perpustakaan, (2007).

Rahmaningtyas, W. (2019). Pengaruh tata ruang kantor, penataan arsip, fasilitas kantor, dan kompetensi pegawai terhadap peningkatan kualitas pelayanan ketatausahaan. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 911–924. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35007

Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 32 Tahun 2011 tentang Layanan Perpustakaan Universitas Negeri Semarang, (2011).

Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (S. Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Sutarno, N. S., & Zen, H. Z. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu pendekatan praktik. Sagung Seto.

Suwarno, W. (2009). Psikologi perpustakaan. Sagung Seto.

Umam, C., & Ismiyati, I. (2020). Kualitas pelayanan perpustakaan berdasarkan pengelolaan koleksi, tata ruang, kompetensi pengelola, dan fasilitas. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 4(1), 25. https://doi.org/10.30595/jssh.v4i1.3040

Yusufa, R. F. (2017). Pengaruh komunikasi interpersonal pustakawan terhadap kepuasan pengunjung di Perpustakaan Umum Universitas Pamulang [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36430