Login

Prinsip kesantunan mahasiswa dalam interaksi dengan teman sebaya di lingkungan kampus

Vol. 4 No. 1 (2025):

Amira Novitasari (1), Rahmalia Ayu Fajrianingtyas (2), Sevia Diana Sari (3), Die Bhakti Wardaya Putro (4)

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(4) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract:

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesantunan berbahasa mahasiswa dalam berinteraksi dengan teman sebaya di lingkungan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap interaksi mahasiswa di lingkungan kampus, seperti kelas dan area diskusi informal. Analisis data menggunakan teknik deskriptif untuk mengidentifikasi pematuhan dan penyimpangan terhadap prinsip kesantunan berbahasa berdasarkan enam maksim, yaitu kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, permufakatan, dan kesimpatian. Hasil penelitian menunjukkan adanya pematuhan terhadap prinsip-prinsip tersebut dalam berbagai situasi komunikasi, seperti penggunaan bahasa yang menunjukkan rasa hormat, apresiasi, dan empati. Namun, beberapa penyimpangan juga ditemukan, terutama dipengaruhi oleh perbedaan budaya dan latar belakang sosial mahasiswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya kesantunan berbahasa dalam membangun interaksi yang harmonis dan mendorong mahasiswa untuk lebih sadar menggunakan bahasa yang sopan dalam komunikasi sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman kesantunan berbahasa dalam lingkungan akademik.


Abstract: This study aims to analyze the level of language politeness of students in interacting with peers within the Indonesian Language and Literature Education Study Program. Using qualitative methods, data were collected through direct observation of student interactions in campus environments, such as classes and informal discussion areas. Data analysis used descriptive techniques to identify the adherence and deviation to the principles of language politeness based on six maxims, namely wisdom, generosity, respect, modesty, agreement, and sympathy. The results show that there is compliance with these principles in various communication situations, such as the use of language that shows respect, appreciation, and empathy. However, some deviations were also found, mainly influenced by cultural differences and students' social backgrounds. This study confirms the importance of language politeness in building harmonious interactions and encourages students to be more aware of using polite language in daily communication. This research contributes to the understanding of language politeness in the academic environment.