Login

Pengaruh bahasa daerah terhadap kemampuan berbahasa: Studi kualitatif pada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Vol. 3 No. 2 (2024):

Rahmalia Ayu Fajrianingtyas (1), Amira Novitasari (2), Helvy Teana Rossa (3), Syarief Fajaruddin (4)

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(4) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract:

Abstrak: Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bahasa daerah terhadap kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa semester ketiga dalam program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Tujuan ini membahas hubungan antara penggunaan bahasa daerah dan kemampuan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara secara mendalam terhadap mahasiswa. Metode ini dipilih karena memiliki relevansi dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan bahasa daerah mahasiswa PBSI terhadap kemampuan berbahasa Indonesia. Pengumpulan data melibatkan tanggapan dari 8-10 responden, yang kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi pola dan tema yang terkait dengan penggunaan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa daerah memiliki pengaruh yang signifikan pada kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia, (1) Pengucapan yang kurang tepat pada beberapa fonem dalam bahasa Indonesia; (2) Adanya logat khas daerah mahasiswa yang masih terdengar saat berbicara menggunakan bahasa Indonesia; (3) Kesulitan dalam menerjemahkan kata/kalimat dari bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya; (4) Mencampur bahasa daerah dan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi. Simpulan penelitian adalah bahasa daerah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa PBSI UST Semester 3 yang cenderung lebih sering menggunakan bahasa daerah dalam kehidupn sehari-hari.


 


Abstract: The main purpose of this study is to analyze the influence of regional language on the Indonesian language skills of third semester students in the Indonesian Language and Literature Education study program at Sarjanawiyata Tamansiswa University. This objective discusses the relationship between the use of local language and students' ability to communicate well and effectively in Indonesian. This research uses descriptive qualitative method with in-depth interview technique to the students. This method was chosen because it has relevance to the purpose of the study, namely to find out how the influence of the use of regional language of PBSI students on Indonesian language skills. Data collection involved responses from 8-10 respondents, which were then analyzed descriptively to identify patterns and themes related to language use. The results showed that the use of regional language has a significant influence on students' ability to speak Indonesian, (1) Improper pronunciation of some phonemes in Indonesian; (2) The existence of students' regional accents that are still heard when speaking using Indonesian; (3) Difficulty in translating words/sentences from regional language into Indonesian and vice versa; (4) Mixing regional language and Indonesian language in communication. The conclusion of the research is that local language has a significant influence on language skills