Loading [MathJax]/jax/output/HTML-CSS/config.js
Login

Directed reading thinking activity untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar

Vol. 1 No. 2 (2019):

Siti Haryati (1)

(1) SD Negeri Padureso, Temanggung, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia materi teks laporan dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) . Subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Padureso. Setting penelitian dari bulan Juli sampai Oktober 2018 bertempat di SD Negeri Padureso Prosedur Penelitian Tindakan kelas dirancang 2 siklus  dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan , obsevasi, dan refleksi. Pada setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan .Teknik pengumpulan data: tes yang berupa butir soal dan non tes yang berupa lembar pengamatan/observasi. Teknik analisis data: diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil belajar kondisi awal, siklus I, siklus II.  Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap kondisi awal ada 2 siswa (15,38%) yang tuntas dan 11 siswa (84,61%) belum tuntas dengan nilai  rata-rata 48,96. Pada siklus I, siswa yang tuntas  7 siswa (53,84%), siswa yang belum tuntas  6 siswa (46,15%) dengan nilai  rata-rata 63,07. Pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 10 siswa (76,92%), siswa yang belum tuntas menjadi 1 siswa (23,07%), dengan nilai rata-rata 70,38. Dengan demikian disimpulkan bahwa strategi directed reading thinking activity dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 7,31 dan ketuntasan belajar klasikal: dari sklus I ke siklus II sebesar 30%.

References

Abdullah, N. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek menulis dengan penggunaan model kooperatif learning tipe STAD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 217–225. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.72

Anggraheni, W. P. (2017). Peningkatan hasil belajar bahasa Jawa melalui penerapan model think pair share (TPS) dan strategi direct reading thinking activity (DRTA) kelas 5 SDN Jatimulyo 1 Kota Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Khomariah, N. (2013). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan melalui strategi directed reading thinking activity (DRTA) pada siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/17362/

Luthfiana, E., Mudzanatun, M., & Priyanto, W. (2017). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan membaca intensif dalam menemukan kalimat utama di SDN Mranggen 2. Dinamika Pendidikan, 22(2), 112–141. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/19775

Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 22, tahun 2006, tentang standar isi intuk satuan pendidikan dan menengah, Pub. L. No. 22, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (2006).

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di Indonesia. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1). Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1294

Nugroho, A. B., Lestari, P., & Wiendijarti, I. (2012). Pola komunikasi antarbudaya Batak dan Jawa di Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM, 1(5), 403. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i5.44

Putri, P. N. A. K., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17762

Rodiyah, S. (2016). Penerapan strategi DRTA (directed reading thinking activity) dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa tunarungu kelas VIII DI SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/17118

Sari, I. P. (2015). Pentingnya pemahaman kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.

Yuliantika, N. P., Kristiantari, M. G. R., & Putra, M. (2019). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 170–179. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19345