Etyk Widjajanti Soedarnadi (1)
Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan diri tiap individu. Pendidikan sangat diperlukan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai dengan meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini yaitu: Meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas XI dan Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui model pembelajaran TPS pada siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam bentuk kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan Guru Matematika SMA Negeri 6 Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share (TPS) menunjukkan adanya peningkatan pada keterlaksanaan pembelajaran baik pada aktivitas guru maupun aktivitas peserta didik. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menunjukkan adanya peningkatan pada hasil tes peserta didik.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumawati, H., & Sari, E. S. (2011). Lagu anak sebagai alternatif media pendukung pemerolehan bahasa anak usia dini: Sebuah studi kasus di TK Nurul Dzikri Jambusari Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Masni, H. (2018). Urgensi pendidikan dalam mengembangkan potensi diri anak. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 275–286. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v8i2.110
Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo. https://doi.org/2004
Sugihartono, S., Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.
Sukmadinata, N. S. (2005). Peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulansari, A. D., Kusmanto, B., & Sujadi, A. A. (2013). Upaya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika dengan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) siswa kelas vii MTS. YP. Nurul Huda Tanah Abang Palembang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/.v2i1.15