Analisis butir soal pilihan ganda ulangan akhir semester genap mata pelajaran kearsipan

Authors

  • Yulia Fitri Ambarwati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ismiyati Ismiyati Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33292/meter.v1i2.144

Keywords:

analisis butir soal, kualitas butir soal, kearsipan, item anaylsis, questions item quality, archive

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengatahui kualitas butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran kearsipan yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dan subjek yang digunakan sebanyak 105 siswa. Hasil penellitian menunukan bahwa validitas soal mayoritas berada pada kategori valid yaitu 70% atau sebanyak 28 butir soal dan soal yang tidak valid yaitu 30% atau sebanyak 12 butir soal. Nilai reliabilitas menunjukan Alpha=0,81 yang artinya reliable. Berdasarkan yang dilihat dari tingkat kesukaran sebanyak 1 (2,5%) butir soal kategori sukar, 19 (47,5%) butir soal kategori sedang, dan sebanyak 20  (50%) butir soal kategori mudah. Daya pembeda terdapat 7 (17,5%) butir soal kategori jelek, 15 (37,5%) butir soal kategori cukup, dan 18 (45%) butir soal kategori baik. Keefektifan fungsi distractor, secara keseluruhan terdapat 59 (36,88%) fungsi pengecoh berfungsi dengan baik dan sebanyak 101 (63,13%) tidak berfungsi.

 

The analysis of multiple-choice questions of the final exam on archive subject

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the quality of the end semester exam items in archiving subjects used. This research uses quantitative research methods and the subjects in the study were 105 question sheets. The results showed that the validity of the majority of the questions was in the valid category, namely 70% or 28 items and 30% or 12 invalid items. The reliability value shows Alpha = 0.81 which means the question is reliable. Based on the difficulty level of the questions, there was 1 (2.5%) item in the difficult category, 19 (47,5%) items in the medium category and as many as 20 (50%) items in the easy category. Based on the discrimination power, there are 7 (17,5%) bad items, 15 (37,5%) enough items, and 18 (45%) good category items. Based on the effectiveness of the distractor function, overall there are 59 (36,88%) distractor functions functioning properly and 101 (63,13%) are not functioning.

References

Anderson, S. B., Ball, S., & Murphy, R. T. (1975). Encyclopedia of educational evaluation: concepts and techniques for evaluating education and training programs. Jossey-Bass.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (5th ed.). Bumi Aksara.

Astuti, A. (2020). Analisis soal ujian akhir semester genap mata pelajaran matematika siswa SD Negeri 005 Binuang ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 867–880. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.539

Bahar, R., Istiyono, E., Widihastuti, W., Munadi, S., Nuryana, Z., & Fajaruddin, S. (2021). Analisis karakteristik soal ujian sekolah hasil musyawarah guru matematika di Tasikmalaya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2660. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4359

D’Sa, J. L., & Visbal-Dionaldo, M. L. (2017). Analysis of multiple choice questions: item difficulty, discrimination index and distractor efficiency. Amarjeet Kaur Sandhu, 9(3), 109.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2008). Panduan penulisan butir soal. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fajaruddin, S., Retnawati, H., Yusron, E., & Sofyaningsih, V. (2021). Exploring the final examination test item characteristics of Pancasila and civic education. International Journal of Education and Learning, 3(3), 232–240. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i3.435

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis butir soal ujian akhir sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 11. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249

Irawati, R., Ekawati, E. Y., & Budiawanti, S. (2020). Analisis butir soal ujian akhir semester gasal menggunakan program Anbuso di SMA Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 11. https://doi.org/10.20961/jmpf.v10i1.42084

Iskandar, A., & Rizal, M. (2017). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi tap. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 12–23. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Ismiyati, I., Pramusinto, H., & Korosando, F. (2015). Analisi butir soal ulangan akhir semester mata pelajaran kearsipan. Majalah Ilmiah Indikator, 17(2), 64–77.

Kusaeri, K., & Suprananto, S. (2012). Pengukuran dan penilaian pendidikan. Graha Ilmu.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.

Muluki, A. (2020). Analisis kualitas butir tes semester ganjil mata pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23335

Negara, H. R. P., & Kurniawati, K. R. A. (2018). Karakteristik butir soal try out ujian nasional SMA mata pelajaran matematika se-Kota Mataram dengan menggunakan program Iteman. Jurnal VARIAN, 1(2), 11–21. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.67

Nunnaly, J. C. (1981). Psychometric theory. Tata Mcgraw Hill Publishing Company Limited.

Pasi, S. N., & Yusrizal, Y. (2018). Analisis butir soal ujian bahasa Indonesia buatan guru MTsN di Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 195–202. https://doi.org/10.24173/mb.v6i2.11666

Prastika, Y. D. (2021). Hubungan minat belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis kualitas soal pra ujian nasional mata pelajaran ekonomi akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 85–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Sari, M. R., & Surtani, S. (2020). Analisis kualitas butir soal ujian akhir semester genap pada mata pelajaran geografi kelas X IIS tahun ajaran 2018/2019 di SMA Pertiwi 1 Padang. JURNAL BUANA, 4(2), 273. https://doi.org/10.24036/student.v4i2.830

Selvia, S., Rochmatin, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematik siswa SMP pada materi SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 261. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p261-270

Setiawan, A., Fajaruddin, S., Harun, M. H., Sumiyati, Y., Nartani, C. I., & Fitriana, F. (2020). Character values in the thematic learning of elementary school. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 158–169. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p158

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Solichin, M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. https://doi.org/10.26594/DIRASAT.V2I2.879

Sudijono, A. (2005). Pengantar statistik pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2002). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2012). Metode penelitian administrasi dilengkapi dengan metode R dan D. Alfabeta.

Sukardi, H. M. (2008). Evaluasi pendidikan: Prinsip dan operasionalnya. Bumi Aksara.

Supandi, S., & Farikhah, L. (2016). Analisis butir soal matematika pada instrumen uji coba materi segitiga. JIPMat, 1(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1085

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran psikologis. Universitas Sanata Dharma.

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis kualitas butir soal tipe HOTS pada kompetensi sistem REM di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Yuslita, H., Zulfan, Z., & Arifin, A. (2016). Analisis tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal mata pelajaran sejarah kelas XI semester ganjil di SMA Negeri 5 Banda Aceh tahun pelajaran 2015-2016. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1), 131–138. https://doi.org/10.24815/jimps.v1i1.1784

Downloads

Published

2021-03-08

How to Cite

Ambarwati, Y. F., & Ismiyati, I. (2021). Analisis butir soal pilihan ganda ulangan akhir semester genap mata pelajaran kearsipan. Measurement In Educational Research, 1(2), 64–75. https://doi.org/10.33292/meter.v1i2.144

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)