Peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika melalui alat peraga pada siswa sekolah dasar

(1) * Diyah Syafitri Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi bangun ruang menggunakan alat peraga. Jenis metedologi penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VB SD N Gedongkiwo yang berjumlah 11 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan kuantitatif. Dari hasil angket siklus I diperoleh rerata yaitu 114 pada kategori tinggi pada interval 99 ≤<117. Hasil angket siklus II diperoleh rerata 132 kategori sangat tinggi pada interval 117≤  <144. Hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pratindakan sebesar 57,67 dengan ketuntasan belajar 19,05%, meningkat menjadi 69,84 dengan ketuntasan belajar 52,38%, dan siklus II meningkat menjadi 71,43 dengan ketuntasan belajar 76,19%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan alat peraga sehingga siswa akan lebih mudah memahami konsep atau materi yang abstrak.

 

Increasing motivation and mathematics learning outcomes through teaching aids in elementary school students

 

Abstract: This study aims to improve motivation and mathematics learning outcomes in building materials using teaching aids. This type of research methodology is classroom action research. The research subjects were students of class VB SD N Gedongkiwo, amounting to 11 boys and 10 girls. Data collection techniques used questionnaires, tests, and documentation. The data analysis technique used descriptive and quantitative analysis techniques. From the results of the questionnaire in cycle I, the mean score was 114 in the high category at intervals of 99 ≤ <117. The results of the second cycle questionnaire obtained that the mean of 132 categories was very high at the interval 117≤ <144. The learning outcomes showed an increase in the average pre-action score of 57.67 with learning completeness 19.05%, increasing to 69.84 with 52.38% completeness learning, and the second cycle increasing to 71.43 with 76.19% completeness learning. For further researchers, it is hoped that they can develop teaching aids so that students will more easily understand abstract concepts or material.


Keywords


motivasi; hasil belajar; matematika; motivation; learning outcomes; mathematics

   

DOI

http://dx.doi.org/10.33292/ter.v2i2.77
      

Article metrics

10.33292/ter.v2i2.77 Abstract views : 384 | PDF views : 329

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh penerapan alat peraga puzzle dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arjanggi, A., Tandililing, E., & Ramdani, D. (2013). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi berbantuan alat peraga bangun ruang pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(4), 215341. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1842

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Dewani, L. E. (2016). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui alat peraga lingkaran siswa kelas IV SDN Soka 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(5), 353–361. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1948

Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa SMP yang menggunakan pendekatan creative problem solving. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(2), 85. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i2.1070

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi COVID-19. http://digilib.uinsgd.ac.id/30565/

Hidayah, I. (2018). Pembelajaran matematika berbantuan alat peraga manipulatif pada jenjang pendidikan dasar dan gerakan literasi sekolah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 1–11. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20762

Hikmah, N. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga pada siswa kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Iurnal Pendas Mahakam., 1(1), 80–85. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/46

Ma’ruf, A. H., Syafi’i, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran mind mapping berbasis HOTS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503–514. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.552

Ningsih, Y. S. (2018). Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika dengan menggunakan alat peraga papan berpaku siswa kelas IV di SD Negeri 3 Sritejokencono tahun pelajaran 2017/2018 [IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/582/

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan alat peraga IPA dari barang bekas untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097

Purwanita, W. H., Dantes, N. D., & Setuti, N. M. (2013). Penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar di kelas VII C SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.23887/jibk.v1i1.907

Putri, A. D. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan alat peraga jam sudut pada peserta didik kelas IV SDN 2 Sunur Sumatera Selatan [IAIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/461/

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan media bangun ruang dan bangun datar pada siswa kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854

Sartika, R., Kaswari, K., & Suryani, S. (2013). Penggunaan alat peraga kertas berpetak pada pembelajaran matematika kelas V Mis Al-Mustaqim Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1231

Sundayana, R. (2016). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Alfabeta.

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177

Warti, E. (2018). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teacher in Educational Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER

TER Stats