Peran efikasi diri dalam memediasi lingkungan keluarga dan PLP terhadap kesiapan menjadi guru

(1) * Anisatul Mujayanti Mail (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
(2) Lyna Latifah Mail (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kesiapan menjadi guru sangat diperlukan bagi mahasiswa calon guru untuk menghadapi dunia mengajar setelah lulus nanti. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh lingkungan keluarga dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Jumlah sampel 139 mahasiswa dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis jalur menggunakan SEM-PLS 3.3.9. Hasil penelitian terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan PLP terhadap kesiapan menjadi guru. Tidak terdapat pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru. Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap efikasi diri dan PLP terhadap efikasi diri. Tidak terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan PLP terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri.

 

The role of self-efficacy in a mediating family environment and PLP on readiness to become a teacher


Abstract: Readiness to become a teacher is necessary for prospective students to face the world of teaching after graduation. This study aims to examine the role of self-efficacy in mediating the influence of the family environment and School Field Introduction (PLP) on readiness to become a teacher. This study uses a quantitative approach with a 2018 Department of Economics Education student population at Semarang State University. The number of samples was 139 students using the purposive sampling method. Data collection techniques using questionnaires with descriptive statistical analysis techniques and path analysis using SEM-PLS 3.3.9. The study's results showed the influence of the family environment and PLP on readiness to become a teacher. There is no effect of self-efficacy on readiness to become a teacher. There is an influence of the family environment on self-efficacy and PLP on self-efficacy. There is no influence of the family environment and PLP on readiness to become a teacher through self-efficacy.


Keywords


lingkungan keluarga; PLP; efikasi diri; kesiapan menjadi guru

   

DOI

http://dx.doi.org/10.33292/meter.v2i2.185
      

Article metrics

10.33292/meter.v2i2.185 Abstract views : 278 | PDF views : 230

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aldabas, R. (2020). Special education teachers’ perceptions of their preparedness to teach students with severe disabilities in inclusive classrooms: A Saudi Arabian perspective. SAGE Open, 10(3), 1–14. https://doi.org/10.1177/2158244020950657

Arifin, M., Putro, S. C., & Putranto, H. (2014). Hubungan kemampuan efikasi diri dan kemampuan kependidikan dengan kesiapan menjadi guru TIK mahasiswa pendidikan teknik informatika. Teknologi Dan Kejuruan, 37(2), 129–136. https://doi.org/10.17977/tk.v37i2.4429

Bandura, A. (1997). The exercise of control. W.H. Freeman and Company.

Fan, W., Cheung, F. M., Leong, F. T. L., & Cheung, S. F. (2014). Contributions of family factors to career readiness: a cross-cultural comparison. The Career Development Quarterly, 62(3), 194–209. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.2014.00079.x

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program Smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Badan Penerbit UNDIP.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Bumi Aksara.

Hotimah, H., & Suyanto, T. (2017). Strategi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNESA dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional peserta PPG Pasca SM-3T. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01), 241–255. https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n01.p%25p

Ihsan, F. (2008). Dasar-dasar kependidikan. Rineka Cipta.

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), minat mengajar, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353

Mahmud, M. (2018). Impact of economic education student field experience practices on competency readiness to become professional teachers in Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 3(9), 110–116.

Mardiyono, M. (2012). Menjadi guru yang profesional (M. Usman (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2009 Tentang Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan, (2009).

Nurussyifa, R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh mata diklat produktif akuntansi, kompetensi siswa, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja melalui mediasi efikasi diri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 164. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33011

Pratama, B. R., Lutfiyani, N., & Nugrahaini, I. (2015). Pengaruh prestasi praktik pengalaman lapangan (PPL), penguasaan kompetensi profesional, dan motivasi mahasiswa terhadap kesiapan menjadi guru mata pelajaran ekonomi/akuntansi yang profesional (studi kasus mahasiswa program studi pendidikan akuntansi TA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1), 11–17. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i1.5702

Puspitasari, W., & Asrori. (2019). Pengaruh persepsi profesi guru dan keefektifan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru dengan efikasi diri sebagai variabel inervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1061–1078. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35724

Raeni, R., & Purnami, R. Y. (2013). Pengaruh pembelajaran akuntansi berbasis SAK IFRS dan self-efficacy terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(1), 38–44. https://doi.org/10.15294/dp.v8i1.4898

Riahmatika, I., & Widhiastuti, R. (2019). Peran self-efficacy dalam memediasi pengaruh persepsi kesejahteraan guru, figur guru panutan dan pengalaman mengajar terhadap kesiapan berkarir menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 983–1000. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35722

Septiani, D. H., & Widiyanto. (2021). Pengaruh praktik pengalaman lapangan, lingkungan keluarga, dan kesejahteraan terhadap kesiapan menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 130–144. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i1.44663

Sugiyono, S. (2017). Metodologi penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Widanarti, N., & Indati, A. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 29(2), 112–123. https://doi.org/10.22146/jpsi.7019

Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2013 FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 78–91. https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17220


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Measurement In Educational Research (Meter)



Measurement in Educational Research is licensed under CC BY-SA 4.0

Meter Stats