Faktor pendukung kesiapan kerja: Study analisis kuantitatif

(1) * Rozalina Umami Mail (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
(2) Wisudani Rahmaningtyas Mail (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Ditinjau dari tingkat pendidikan yang ditamatkan, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari tahun ke tahun selalu menjadi penyumbang angka pengangguran terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara efikasi diri, komunikasi interpersonal dan dukungan orang tua dengan kesiapan kerja siswa SMK dalam menghadapi dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikannya. Subjek penelitian ini adalah siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Negeri 1 Bawang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 180 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan uji hipotesis. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa efikasi diri, komunikasi interpersonal dan dukungan orang tua secara simultan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa. Sedangkan secara parsial hanya efikasi diri dan komunikasi interpersonal yang memiliki pengaruh terhadap kesiapan kerja siswa Kompetensi Keahlian OTKP SMK N 1 Bawang. Variabel dukungan orang tua tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa.

 

Factors supporting work readiness: A quantitative analysis study

 

Abstract: Judging from the level of education completed, graduates of Vocational High Schools (SMK) from year to year have always been the biggest contributor to the unemployment rate in Indonesia. This study aims to determine whether there is an influence between self-efficacy, interpersonal communication, and parental support on the work readiness of vocational students in facing the world of work after completing their education. The subjects of this study were students of the Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran at SMK Negeri 1 Bawang. The sample used in this study was 180 students using the proportionate stratified random sampling technique. Data collection techniques used observation, questionnaires, and documentation methods. This study uses a quantitative research approach with hypothesis testing. Then the data analysis used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The study results show self-efficacy, interpersonal communication, and parental support influence students' work readiness. Meanwhile, partially, only self-efficacy and interpersonal communication influences the student work readiness of OTKP SMK N 1 Bawang. The parental support variable does not affect student work readiness.


Keywords


work readiness; self-efficacy; interpersonal communication; parental support; vocational high school; student; Kesiapan Kerja; Efikasi Diri; Komunikasi Interpersonal; Dukungan Orang Tua; Siswa SMK

   

DOI

http://dx.doi.org/10.33292/meter.v2i2.208
      

Article metrics

10.33292/meter.v2i2.208 Abstract views : 366 | PDF views : 273

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Agusta, Y. N. (2014). Hubungan antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3), 369–381. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3653

Ashari, N. P. (2018). Kesiapan kerja siswa ditinjau dari keterampilan komunikasi dan bimbingan karir pada siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 6 Sukoharjo [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/69475/

Badan Pusat Statistik. (2018). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2019. In bps.go.id (Vol. 41, Issue 5). https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan-sebesar-2-65-juta-rupiah.html

Badan Pusat Statistik. (2021). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2021 (Issue Badan Pusat Statistik). https://www.bps.go.id/publication/2021/06/08/b547a5642aeb04d071cb83d4/keadaan-angkatan-kerja-di-indonesia-februari-2021.html

Badan Pusat Statistik. (2022). Indikator pasar tenaga kerja Indonesia Agustus 2022. https://www.bps.go.id/publication/2022/12/14/590d81be67bee04024183a0e/indikator-pasar-tenaga-kerja-indonesia-agustus-2022.html

Bandura, A. (1995). Self-efficacy in changing societies. Cambridge University Press.

Betz, N. E., Byars-winston, A., Hackett, G., & City, K. (2013). Career development and counseling: putting theory and research to work (R. W. Brown, Steven D.; Lent (ed.); 2nd ed.). John Wiley & Sons.

Cahyaningrum, D., & Martono, S. (2019). Pengaruh praktik kerja industri, bimbingan karir, penguasaan soft skill, dan kompetensi kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1193–1206. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28349

Callihan, K., Hureau, M., McCormick, S., & Wheeler, K. (2012). Interpersonal communication (K. Callihan (ed.)). Pikes Peak Community College.

DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book (5th ed.). Pearson/Allyn and Bacon.

Dietrich, J., & Kracke, B. (2009). Career-specific parental behaviors in adolescents’ development. Journal of Vocational Behavior, 75(2), 109–119. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.03.005

Djaali, D. (2007). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Doe, R. (2015). Work readiness among graduate students. Louisiana State University.

Fathimah, U. (2022). Pengaruh keterampilan komunikasi interpersonal, informasi dunia kerja dan dukungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 2 Magelang [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/55382/

Joseph, L. L. (2012). The impact of family influence and involvement on career development [University of Central Florida]. https://stars.library.ucf.edu/etd/2210/

Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 65–76. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/6075

Kuncoro, M. (2011). Metode kuantitatif (4th ed.). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Kuswandi, K. (2021). Nadiem Makarim ungkap faktor lulusan vokasi enggan diserap dunia kerja. JawaPos.Com. https://www.jawapos.com/pendidikan/01279196/nadiem-makarim-ungkap-faktor-lulusan-vokasi-enggan-diserap-dunia-kerja

Mashigo, A. C. L. (2014). Factors influencing work readiness of graduates: an exploratory study [Stellenbosch University]. https://scholar.sun.ac.za/handle/10019.1/95884

McAneney, C. (2020). Spotlight on social and emotional learning: a can-do attitude: understanding self-efficacy (E. Krajnik (ed.)). Powerkids Press.

Muljanto, M. (2021). Pengaruh konsep diri dan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja pada generasi millennial. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 175–187. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Mutoharoh, A. K., & Rahmaningtyas, W. (2019). Pengaruh praktik kerja industri, lingkungan keluarga, bimbingan karier dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 38. https://doi.org/10.35448/jmb.v12i1.6241

Nasution, M. A. (2021). Hubungan antara self efficacy dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim]. https://repository.uin-suska.ac.id/42605/

Nugroho, M. R. A., Murtini, W., & Subarno, A. (2020). Pengaruh praktik kerja industri dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.20961/jikap.v4i1.38298

Nurlaela, S., Kurjono, & Rasto. (2021). Determinants of work-readiness. Proceedings of the Conference on International Issues in Business and Economics Research (CIIBER 2019), 161(Ciiber 2019), 199–205. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210121.030

Prikshat, V., Nankervis, A., Burgess, J., & Dhakal, S. (2019). Conceptualising graduate work-readiness: theories, concepts and implications for practice and research. In S. Dhakal, V. Prikshat, A. Nankervis, & J. Burgess (Eds.), The Transition from Graduation to Work. Work, Organization, and Employment (pp. 15–29). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-0974-8_2

Putra, A. E., & Yusuf, A. M. (2022). Kontribusi konsep diri dan dukungan orang tua terhadap perencanaan karier siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 156. https://doi.org/10.29210/30031466000

Qomariyah, L., & Febriyanti, M. N. (2021). Exploration of the factors of work readiness during the pandemic COVID-19. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 2, 153–160. https://doi.org/10.30595/pssh.v2i.121

Saleem, N., Hanan, M. A., Saleem, I., & Shamshad, R. M. (2014). Career selection: role of parent’s profession, mass media and personal choice. Bulletin of Education and Research, 36(2), 25–37. http://pu.edu.pk/images/journal/JEE/PDF-Files/3_Noshina, Ahmad, Irfan and Majid.pdf

Stevani, & Yulhendri. (2014). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Siswa dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(1), 53–61.

Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Alfabeta.

Sulistyaningsih, R. D. (2019). Peran praktik industri, dukungan orang tua, keaktifan organisasi, dan soft skill dalam menunjang kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XI SMK Dharma Wanita Gresik. MANAJERIAL, 5(2), 32. https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v5i2.833

Suyanta, Prianto, E., Ismara, I., Fitrihana, N., Syauqi, K., Wardoyo, S., Marwanti, Darmono, Siswantoyo, Wijaya, A., & Dwandaru, W. (2019). Facility standards of vocational schools: comparison of existing and modern facility designs. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1), 012048. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012048

Tentama, F., Subardjo, S., Merdiaty, N., & Asti Mulasari, S. (2019). The effect of interpersonal communication and self-adjustment to the work readiness of vocational high school students. International Journal of Research Studies in Education, 8(3), 29–38. https://doi.org/10.5861/ijrse.2019.4004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Measurement In Educational Research (Meter)



Measurement in Educational Research is licensed under CC BY-SA 4.0

Meter Stats