Evaluasi keberhasilan penerapan media Audio Aku Baca dalam Cerita (ABC) di TK Negeri Panjatan, Kabupaten Kulon Progo
DOI:
https://doi.org/10.33292/edi-tes.v1i1.211Keywords:
Evaluasi, Media Audio, Anak Usia Dini, TKAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media audio ABC yang diimplementa-sikan oleh TK Negeri Panjatan, Kabupaten Kulon Progo dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada siswa PAUD. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru berjumlah 4 guru.Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Analisis yang digunakan adalah Analisis keberhasilan berdasarkan 4 tahap evaluasi Kirkpatrick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Reaksi peserta didik tidak tertarik, tidak senang dan tidak gembira belajar dengan media audio ABC. (2) Proses belajar peserta didik dengan media audio ABC menunjukkan pembelajaran yang kurang menyenangkan karena peserta didik tidak semangat, kurang memperhatikan, sebagian kecil yang aktif meskipun sebagian besar pendidik telah menerapkan media tersebut sesuai sintak yang telah ditentukan. (3) Perilaku peserta didik rata-rata tidak menguasai gerak, hanya sebagian kecil (50%) peserta didik yang menguasai lirik lagu dan sebagian besar tidak menguasai gerakan membuat huruf di udara. (4) Dampak pada peserta didik dengan penerapan media audio ABC belum maksimal. (5) Kendala pada penerapan media audio ABC baik dari SDM pendidik, sarana prasarana dan dana yang tersedia secara umum tidak ada kendala.Â
Â
The evaluation of the success of the application of Audio Media I Read in Stories (ABC) in Panjatan Public Kindergarten, Kulon Progo Regency
Â
Abstract: This study aimed to determine the role of ABC audio media implemented by TK Negeri Panjatan, Kulon Progo Regency, in improving the ability to recognize letters in PAUD students. This type of research is evaluation research. This research was conducted at TK Negeri Panjatan, Kulon Progo Regency. The population in this study was all four teachers. Data collection techniques used questionnaires, interviews, and observations. The success analysis is based on the four stages of Kirkpatrick's evaluation. The results showed that: (1) students' reaction was not interested, not happy, and not happy learning with ABC audio media. (2) The learning process of students with ABC audio media shows that learning is not fun because students are not enthusiastic, pay less attention, and a small part is active even though most of the educators have implemented the media according to the predetermined syntax. (3) The behavior of students, on average, did not master movement; only a small proportion (50%) of students mastered song lyrics, and most of them did not master the movement of making letters in the air. (4) The impact on students with the application of ABC audio media has not been maximized. (5) Obstacles in the application of ABC audio media, both from teaching human resources, infrastructure, and available funds, generally have no obstacles.Â