Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar menggunakan media articulate storyline 3
DOI:
https://doi.org/10.33292/edi-tes.v1i1.214Keywords:
multimedia interaktif, articulate storyline, hasil belajar, siswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Kelas 3 segugus Nakulo kecamatan Kutowinnangun Kabupaten Kebumen. Desain pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Define, Design, Develop, dan Deseminate (4D). Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar Segugus Nakulo Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini menggunakan observasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perangkat multimedia interaktif Articulate Storyline 3 pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan pada kelas 3 ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar dengan p value sebesar 0,000 (p<0,05)
Â
Improved learning outcomes of primary school students using articulate storyline 3 media
Â
Abstract: This study aimed to find out Knowing the effectiveness of the learning media that has been developed on the learning outcomes of elementary school students in Grade 3 in the Nakulo cluster, Kutowinnangun sub-district, Kebumen Regency. The development designs that will be used in this research are Define, Design, Develop, and Deseminate (4D). This research was conducted at the elementary school Segugus Nakulo, Kutowinangun District, Kebumen Regency. Data collection techniques in this development research using observation, interviews, and questionnaires. The data analysis technique used is descriptive. The results showed that  The interactive multimedia device Articulate Storyline 3 on the theme of loving plants and animals in grade 3 is effective for improving learning outcomes with a p-value of 0.000 (p<0.05)