Fadila Mokhtar (1), Siti Jumaeda (2), Eko Wahyunanto Prihono (3)
Salah satu upaya mengukur sejauh mana keberhasilan pencapaian Tridharma dosen dapat dilakukan penilai-an terhadap kinerja dosen. Namun demikian, diperlukan alat ukur yang baik, agar dapat mengukur kinerja dosen dengan tepat. Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui kelayakan istrumen kinerja dosen di bidang pengajaran ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berdasarkan pembuktian validitas dan estimasi reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pembuktian validitas isi dilakukan melalui expert judgment dengan menggunakan formula Aiken’s V dan estimasi reliabilitas menggunakan formula Cronbach’s Alpha. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan pada tahun 2022 selama 3 bulan dengan lokasi penelitian di Ambon, Maluku. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar indeks Aiken’ s V pada masing-masing item kategori validitas tinggi, sedangkan hasil estimasi reliabilitas Cronbach’s Alpha diperoleh nilai ? > 0,70. Instrumen dinyatakan layak untuk mengukur kinerja dosen bidang pengajaran berdasarkan hasil pem-buktian validitas isi dan estimasi reliabilitas. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai acuan bagi para pengembang instrumen, dimana pada tahap pengembangan instrumen validitas isi merupakan salah satu langkah awal dalam menentukan kelayakan suatu instrumen.
Feasibility of teaching performance instruments
Abstract: One of the efforts to measure the extent to which the success of achieving the Tridharma of lecturers can be assessed on the performance of lecturers. However, a good measurement tool is needed in order to be able to measure lecturer performance appropriately. The research objective is to determine the feasibility of lecturer performance instruments in the field of teaching in terms of planning, implementation, and learning evaluation based on proof of validity and estimated reliability. This research is quantitative research. Content validity was verified through expert judgment using Aiken's V formula and reliability estimation using Cronbach's Alpha formula. Determination of the sample using a simple random sampling technique. The research was conducted in 2022 for three months with research locations in Ambon, Maluku. The results showed that most of Aiken's V index in each item was in the high validity category, while the results of Cronbach's Alpha reliability estimation obtained a value of ? > 0.70. The instrument was declared feasible for measuring the performance of lecturers in the field of teaching based on the results of proving content validity and estimated reliability. The research results can be used as a reference for instrument developers, where at the stage of developing an instrument, content validity is one of the first steps in determining the feasibility of an instrument.
Adiguna, M. A., & Muhajirin, A. (2017). Penerapan logika fuzzy pada penilaian mutu dosen terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Online Informatika, 2(1), 16. https://doi.org/10.15575/join.v2i1.74
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36. https://doi.org/10.31949/th.v2i1.571
Ayu, P. E. S., Marhaeni, A., & Budiadnyana, P. (2018). Pengembangan instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 90–100. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696
Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2015). Skala pengukuran sikap manusia. Pustaka Pelajar.
Dewi, T. N., Pradnyana, I. M. A., & Sugihartini, N. (2020). Pengukuran tingkat kesiapan pengguna sistem informasi data pokok pendidikan dasar menggunakan metode technology readiness index (TRI) (Studi kasus: sekolah dasar Kecamatan Sukasada). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 9(2), 88–95. https://doi.org/10.23887/karmapati.v9i2.26926
Hamzah, H., Suyoto, S., & Mudjihartono, P. (2015). Sistem pendukung keputusan penilaian kinerja dosen dengan metode balanced scorecard (Studi kasus: Universitas Respati Yogyakarta). Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(5).
Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: Tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan instrumen kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977
Nyoto, N. (2021). Eksplorasi kinerja dosen melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 428–438. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1792
Peliza, P. (2019). Pengaruh metode collaborative learning dan disiplin siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X PAI MAN 1 Kota Pagar Alam. Annizom, 4(3). https://doi.org/10.29300/nz.v4i3.2698
Pramudyo, A. (2010). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dosen negeri pada kopertis Wilayah V Yogyakarta. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18196/jbti.v1i1.2407
Pratiwi, H. (2019). Komitmen mengajar. Penerbit Andi.
Prihono, E. W. (2020). Validitas instrumen kompetensi profesional pada penilaian prestasi kerja guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2), 897–910. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.529
Prihono, E. W., & Supahar, S. (2018). The measurement of professional competency to school teacher’s achievement at PGRI University Yogyakarta Laboratory. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2349
Retnawati, H. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik butir. Parama Publishing.
Retnowati, T. H., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Suranto, S. (2017). Model evaluasi kinerja dosen: pengembangan instrumen untuk mengevaluasi kinerja dosen. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 206–214. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.16626
Sadtyadi, H., & Kartowagiran, B. (2014). Pengembangan instrumen penilaian kinerja guru sekolah dasar berbasis tugas pokok dan fungsi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 290–304. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2867
Sunoto, A. (2018). Analisis dan desain sistem informasi penilaian kinerja dosen berdasarkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (Studi kasus STIKOM Dinamika Bangsa Jambi). Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 12(1), 966–985. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/566
Suprananto, K. (2012). Pengukuran dan penilaian pendidikan. Graha Ilmu.
Taherdoost, H. (2016). Validity and reliability of the research instrument; how to test the validation of a questionnaire/survey in a research. SSRN Electronic Journal, 5(3), 28–36. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205040
Tanti, L. (2015). Penilaian kinerja dosen dalam bidang pengajaran dengan penerapan metode PROMETHEE. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 4(2), 146–154. https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jusiti/article/view/18
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. may be ordered from the Council for Exceptional Children.
Wicaksi, D. (2010). Hubungan persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kebutuhan dasar manusia pada mahasiswa program studi diploma III keperawatan universitas Bondowoso. UNS (Sebelas Maret University).
Yamtinah, Y., Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2021). Pengembangan instrumen keterampilan menulis karangan dan kemampuan berpikir kreatif pada materi karangan narasi siswa kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262
Yusrizal, Y. (2017). Pengembangan instrumen penilaian kinerja dosen di perguruan tinggi. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(1), 108–120. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/parameter/article/view/6648