Abstract:
Kegiatan aktivitas fisik bukan hanya sebagai media untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan manusia, banyak manfaat lain salah satunya adalah optimalnya peran dari kognitif dampak dari distribusi oksigen yang cukup ke otak manusia. Physical activity (PA) dapat mengembalikan setidaknya beberapa efek yang tidak diinginkan akibat gaya hidup sedentary secara nyata kalo di kaitkan dengan para pemain sepak bola yang terjadi sekarang dapat menunda penuaan otak, namun yang paling penting adalah PA dapat meningkatkan proses kognitif dan daya ingat, antidepresan bahkan menginduksi perasaan bahagia Secara fisiologis aktivitas fisik yang baik dapat membantu manusia untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi otak. Aktivitas fisik yang menarik dapat menjadi salah satu cara yang menjanjikan untuk meningkatkan fungsi kognitif seseorang karena beberapa bukti menunjukkan bahwa aktivitas fisik memiliki dampak positif untuk performa akademik Namun, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis aktivitas fisik yang dilakukan peserta didik kemudian menganalisis jenis aktivitas fisik yang relevan guna mendukung keterampilan bermain sepak bola. Penelitian ini menggunankan Metode penelitian yang di gunakan dengan pendekatan diskriftif kuantitatif Classroom Action Research (CAR) adalah cara menentukan bagaimana cara melakukanya pengambilan data yang di mulai dari siklus. I maupun II kegiatan penelitian, cara memperoleh data ini dikenal sebagai metode pengumpulan data, Analisis data Dengan Penelitian Tindakan Kelas Khususnya mahasiswa angkatan 2023 Yang Berjumlah 45 di dapatkan sebagai berikut Siklus 1 Lulus 25 mahasiswa Dengan Persentasi 55 % Dan yang belum lulus berjumlah 20 peserta didik dengan persentasi 45 % Di Lanjutkan Siklus II Dengan Perbaikan Perencanaan Dan Pelaksaan yang lebih baik denga tingkat Akurat Dan Tepat Sasaran Mengunakan keterampilan dimana seluruh atlet mendalam Baru Bisa Di Katakan Lulus 45 Peserta Didik Dengan Persentasi 100 %.
References
Al Qarra, S. (2022). The effect of using the cooperative learning strategy on the skills achievement of students studying soccer skills at faculty of sport science at the University of Jordan. Dirasat: Educational Sciences, 49(1), 299–310. https://doi.org/10.35516/edu.v49i1.720
Anggreni, N. P., Repiyasa, I. W., & Dewi, K. A. K. (2022). The effect of jigsaw cooperative learning model on learning outcomes of dribbling and passing using the back of the foot football game in class VII Students of SMP. Journal Coaching Education Sports, 3(2), 179–188. https://doi.org/10.31599/jces.v3i2.1549
Ben Khalifa, W., Zouaoui, M., Zghibi, M., & Azaiez, F. (2020). Effects of verbal interactions between students on skill development, game performance and game involvement in soccer learning. Sustainability, 13(1), 160. https://doi.org/10.3390/su13010160
Claudia, K. (2013). Perceived factors influencing athletic performance across career stages [Halmstad University, School of Health and Welfare.]. https://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:hh:diva-21983
Dyson, B., & Casey, A. (2016). Cooperative learning in physical education and physical activity: a practical introduction. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315739496
Egger, F., Benzing, V., Conzelmann, A., & Schmidt, M. (2019). Boost your brain, while having a break! The effects of long-term cognitively engaging physical activity breaks on children’s executive functions and academic achievement. PLOS ONE, 14(3), e0212482. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0212482
Firmana, I., Subarjah, H., Mahendra, A., Nuryadi, N., & Sofyan, D. (2023). Improving football playing skills through teaching games for understanding: A small-sided games approach. Journal Sport Area, 8(2), 184–194. https://doi.org/10.25299/sportarea.2023.vol8(2).12508
Giriwijoyo, H. Y. S. S. (2013). Ilmu kesehatan olahraga. Remaja Rosdakarya.
Gunawan, S., Atiq, A., & Bafadal, M., Fachrurrozi. (2023). Application of the Team Game Tournament (TGT) cooperative learning model to improve the ability of football passing techniques. Journal Physical Health Recreation, 3(2), 209–217. https://doi.org/10.55081/jphr.v3i2.1093
Harsono. (2015). Buku ajar neurologi klinis (Yogyakarta). Gadjah Mada University Press.
Kristiyanto, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam pendidikan jasmani & kepelatihan olahraga (Jakarta). UNS Press. //otomasi.unnes.ac.id/index.php/index.php?p=show_detail&id=80506&keywords=
Liu, W. (2022). Analysis on the effectiveness of PE FCT model based on cooperative learning model. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022, 1–10. https://doi.org/10.1155/2022/7955813
Miles, L. (2007). Physical activity and health. Nutrition Bulletin, 32(4), 314–363. https://doi.org/10.1111/j.1467-3010.2007.00668.x
Nanag, N. (2023). Upaya meningkatkan keterampilan passing sepak bola dengan gaya mengajar cooperative learning. Sport Pedagogy Journal, 12(1), 39–55. https://doi.org/10.24815/spj.v12i1.31634
Nugroho, D. W. A. (2021). Design and build a web-based sports arena information system with the scrum method | JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi). https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/1132
Pratama, F. A. P., & Suharjana, S. (2022). Profil kebugaran fisik atlet sepakbola PSIW Wonosobo Liga 3 Jawa Tengah tahun 2022. Sepakbola, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v2i2.194
Pulungan, K. A., & Dimyati, D. (2019). The psychological skill characteristics of Indonesian volleyball players reviewed based on gender and position. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 279. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13178
Putra, S., Emral, E., Arsil, A., & Sin, T. H. (2023). Konsep model latihan fisik pada sepakbola. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 974. https://doi.org/10.29210/1202323429
Ristiawan, B., & Sumarno, S. (2023). Intervensi hidrasi selama latihan fisik terhadap kadar elektrolit dalam tubuh pada pemain futsal. Sepakbola, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v3i1.251
Rustendi, E., Rif’at, M., & Hakim, A. F. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan shooting permainan sepakbola menggunakan metode modifikasi permainan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Sayan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.57
Sánchez, L., Carbonero, Prat Grau, M., & Ventura Vall-Llovera, C. (2022). Enseñar y aprender el deporte a través del aprendizaje cooperativo en Educación Física (Learning and teaching sports through cooperative learning in Physical Education). Retos, 47, 164–173. https://doi.org/10.47197/retos.v47.94113
Singh, A. S., Saliasi, E., Berg, V. van den, Uijtdewilligen, L., Groot, R. H. M. de, Jolles, J., Andersen, L. B., Bailey, R., Chang, Y.-K., Diamond, A., Ericsson, I., Etnier, J. L., Fedewa, A. L., Hillman, C. H., McMorris, T., Pesce, C., Pühse, U., Tomporowski, P. D., & Chinapaw, M. J. M. (2019). Effects of physical activity interventions on cognitive and academic performance in children and adolescents: A novel combination of a systematic review and recommendations from an expert panel. https://doi.org/10.1136/bjsports-2017-098136
Stensel, D. J., Hardman, A. E., & Gill, J. M. R. (Eds.). (2021). Physical Activity and health: The evidence explained (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203095270
Sumarno, S., & Ristiawan, B. (2022). Tuntutan fisik dan karakteristik kinerja pemain sepakbola berdasarkan posisi bermain. Sepakbola, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v2i2.193
Supriyanto, A., Kriswanto, E., Prasetyo, Y., & Andrianto, S. (2021). The difference between male and female student’s physical activity in urban region during school recess. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 202–209. https://doi.org/10.21831/jk.v9i2.36586
WHO, W. health O. (2015). World health statistics 2015. https://www.who.int/publications/i/item/9789240694439
Yildirim, S., & Koruç, Z. (2021). The Effect of Transformational Leadership and Well-Being on Performance of Soccer Players: An Inclusive Model. https://journals.humankinetics.com/view/journals/tsp/35/4/article-p261.xml
Zainuri, K. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Longu pada Siswa Kelas IV SDN 37 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 7. https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2513