Login

Tingkat kepuasan suporter dalam menggunakan PERSIS Solo Official App.

Vol. 5 No. 1 (2025):

Ryan Wahyu Adi Permana (1), Fajar Junaedi (2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Aplikasi mobile menjadi salah satu cara paling efektif bagi klub sepak bola untuk berkomunikasi dengan suporter, menyediakan informasi terkini tentang klub, pemain, jadwal pertandingan, dan berbagai fitur lainnya. Dalam konteks Persis Solo, aplikasi Persis Solo menjadi salah satu sarana untuk berbagi informasi, berinteraksi dengan supporter, dan memberikan pengalaman yang lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tingkat kepuasan dalam penggunaan aplikasi Persis dan  mengetahui apakah aplikasi tersebut telah memenuhi harapan supporter. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh elemen suporter Persis Solo yang menggunakan aplikasi Persis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Non-Probability Sampling, data dianalisis dengan metode discrepancy analysis yang membandingkan harapan (Gratification Sought - GS) dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained - GO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motif penggunaan media (Gratification Sought) lebih rendah dibandingkan indikator kepuasan (Gratification Obtained), dengan nilai rata-rata 39,86 untuk Gratification Sought dan 42,15 untuk Gratification Obtained. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Persis Solo umumnya memenuhi kepuasan pengguna, terutama pada motif informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan.


 


The level of supporter satisfaction with the use of the PERSIS Solo Official App.


 


Abstract: Mobile applications are one of the most effective ways for football clubs to communicate with supporters, providing the latest information about the club, players, match schedules, and various other features. In the context of Persis Solo, the Persis Solo application is one of the means to share information, interact with supporters, and provide a more in-depth experience. This study aims to dig deeper into the level of satisfaction in using the Persis application and find out whether the application has met the expectations of supporters. This study uses a quantitative descriptive research type. The population in this study were all elements of Persis Solo supporters who use the Persis application. Data collection in this study used Non-Probability Sampling, The data was analyzed using the discrepancy analysis method that compares expectations (Gratification Sought - GS) with satisfaction obtained (Gratification Obtained - GO). The results showed that the average motive for using media (Gratification Sought) was lower than the satisfaction indicator (Gratification Obtained), with an average value of 39.86 for Gratification Sought and 42.15 for Gratification Obtained. So it can be concluded that the Persis Solo application generally satisfies user satisfaction, especially in terms of information motives, personal identity, social integration and interaction, and entertainment motives.

References

Anshari, F., & Akbar, F. (2019). Analisis Model Pengelolaan Platform New Media Oleh Klub Sepakbola Di Indonesia. Jurnal Universitas Pancasila, 10, 8–18.

Bimantari, J. R., Ratnasari, D., & Ridwan, L. M. (2024). Pengembangan Website Survei Kepuasan Pengguna Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram (Design And Development of User Satisfaction Survey at RSUD Kota Mataram). Jurnal Begawe Teknologi Informasi, 5(2), 147–158.

Budyastomo, A. W. (2020). Survei Kepuasan Mahasiswa Iain Salatiga Terhadap Penggunaan Aplikasi Proprofs Sebagai Media Pembelajaran Online. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.

Djamaly, M. F., Djumarno, D., Astini, R., & Asih, D. (2023). Literature Review: Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Film Indonesia: Analisis Kepuasan Dan Niat Beli Penonton. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 6(3), 647–659. https://doi.org/10.37481/sjr.v6i3.706

Gede Sarasvananda, I. B., Anwar, C., Pasha, D., & Styawati, S. (2021). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-Crm (Studi Kasus : BP3TKI Lampung). Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.33365/jdmsi.v2i1.1026

Indriati, I., Marji, M., & Pakpahan, S. (2019). Analisis Sentimen Tentang Opini Performa Klub Sepak Bola Pada Dokumen Twitter Menggunakan Support Vector Machine Dengan Perbaikan Kata Tidak Baku. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 7259–7267.

Istini, S. I. M. (2023). Creative Website Design Implementation for Football Club Supporters in Indonesia. International Journal Science and Technology, 2(3), 8–15. https://doi.org/10.56127/ijst.v2i3.996

Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187

Lumbaa, K. B., Mappaompo, A., & Hudain, M. A. (2023). Survei Kepuasan terhadap Kinerja Wasit Futsal di Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(Iwan 2021), 6404–6411.

Marcel Philipp Hüttermann. (2021). Fan engagement in professional team sports. December.

McQuail, D. (2011). McQuail’s Mass Communication Theory (6th editio). SAGE Publications.

Munaier, C. G. e S., & Las Casas, A. L. (2019). a Membership Program and a Complain Website: How Sport Clubs Manage Experiences of Their Members. Journal on Innovation and Sustainability RISUS, 10(3). https://doi.org/10.23925/2179-3565.2019v10i3p75-87

Nasution, A. (2015). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 36.

Putra, R. P. I., Akbar, M., & Amalia, R. (2020). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Kinerja Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Menggunakan Metode Backpropagation. Journal of Information Technology Ampera, 1(2), 106–118. https://doi.org/10.51519/journalita.volume1.isssue2.year2020.page106-118

Puuperä, T. (2020). A Case Study of Professional Football Club Mobile Application. https://core.ac.uk/download/pdf/344912373.pdf

Rodrigues, I., Lopes, J. M., Borges, A., Oliveira, J., & Oliveira, M. (2021). How can gamified applications drive engagement and brand attitude? The case of nike run club application. Administrative Sciences, 11(3), 0–20. https://doi.org/10.3390/ADMSCI11030092

Shafie, M. F., Lai, W. S., & Mohammed, N. (2023). Consumer satisfaction and demand for commercial football fields in Malaysia: A case study in Hulu Langat Selangor. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 100634. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100634

Sukendro, R. (2019). Analisis Uses And Gratification Situs Persis-Solo.Id Sebagai Media Informasi Dan Berita Di Kalangan Suporter (Pasoepati Dan Surakartans) Di Kota Surakarta.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Syahri, A. A. (2014). STATISTIKA PENDIDIKAN Andi. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 6(2), 121–129.

Wakefield, K. (2016). Using fan passion to predict attendance, media consumption, and social media behaviors. Journal of Sport Management, 30(3), 229–247. https://doi.org/10.1123/jsm.2015-0039

Watkins, B., & Lewis, R. (2014). Winning With Apps: A Case Study of the Current Branding Strategies Employed on Professional Sport Teams’ Mobile Apps. International Journal of Sport Communication, 7(3), 399–416. https://doi.org/10.1123/ijsc.2014-0009

Yanti, Y. (2018). Fanatisme Suporter SepakbolA. 66, 37–39. https://eprints.ums.ac.id/69773/

Yoshida, M., Gordon, B., Nakazawa, M., & Biscaia, R. (2014). Conceptualization and measurement of fan engagement: Empirical evidence from a professional sport context. Journal of Sport Management, 28(4), 399–417. https://doi.org/10.1123/jsm.2013-0199

Sandvoss, C. (2004). A game of two halves: Football fandom, television and globalisation. Routledge.

Sudaryono, D. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif. Depok: PT. RajaGrafindo Persada, Depok.