Roas Irsyada (1), Martin Sudarmono (2), Mugiyo Hartono (3), Endang Sri Hanani (4)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain dan menguji media pembelajaran interaktif untuk Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan materi permainan Sepakbola Sekolah Menengah Pertama (SMP). Media pembelajaran interaktif berfokus pada aktivitas peserta didik agar dapat mengakses media sesuai dengan kebutuhan Kompetensi Dasar. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Articulate Storyline 3. penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan langkah prosedurnya adalah a) Analisis b) Perencanaan c). Pengembangan d) Penerapan e) Evaluasi. Multimedia articulate storyline 3 diuji oleh satu ahli media, satu ahli materi seorang dosen sepakbola, satu guru Pendidikan Jasmani dan 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam menguji validitas menggunakan angket skala likert dengan interval 1 sampai 4 dengan indikator di masing-masing nilai. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil uji dan penilaian dari para ahli maka media pembelajaran interaktif permainan sepakbola termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran interkatif permainan sepakbola berbasis articulate storylane 3 ini layak dan dapat digunakan serta menjadi media literasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Articulate storyline as interactive multimedia for learning football games in physical education
Abstract: The purpose of this research is to design and evaluate interactive learning media for Physical Education, Sports and Health, Football game material for Junior High School (SMP). Interactive learning media focuses on learner activities in order to access the media according to the needs of the Basic Competencies. The application used in this research is Articulate Storyline 3. this research uses the research and development (R&D) method with the procedure steps are a) Analysis b) Planning c). Development d) Implementation e) Evaluation. Multimedia articulate storyline 3 was tested by one media expert, one material expert a soccer lecturer, one Physical Education teacher and 10 students. The instrument used in testing validity uses a Likert scale questionnaire with intervals of 1 to 4 with indicators in each value. Quantitative data analysis techniques in this study used descriptive statistical analysis. Based on the test results and assessments from experts, the interactive learning media for soccer games is included in the very good category and is suitable for use in Physical Education learning. Based on the results of the study, it can be concluded that the product of interactive learning media for soccer games based on articulate storylane 3 is feasible and can be used and become digital literacy media in learning Physical Education.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. M. (2021). Media pembelajaran. Tahta Media Group. https://eprints.unm.ac.id/20720/
Helmi, M., Iyakrus, I., & Hartati, H. (2024). Development of learning applications for physical education, sports, and health sepak takraw material for high school students. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/active.v13i1.76207
Kohl, H. W., Cook, H. D., Environment, C. on P. A. and P. E. in the S., Board, F. and N., & Medicine, I. of. (2013). Approaches to physical education in schools. In Educating the Student Body: Taking Physical Activity and Physical Education to School. National Academies Press (US). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK201493/
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373
Minkova, Y. (2016). Contemporary multimedia authoring tools. Ijesc, 6(10), 2586–2588.
Musfiqon, M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran (Jakarta). Prestasi pustaka. //catalog.uinsa.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D24436%26keywords%3D
Novialdi, N., Zubaidah Amir Mz, & Thahir, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.55748/mjtl.v1i1.18
Nuraini, N., Suhari, S., Awalia, R., Herwani, H., & Ubabuddin, U. (2023). The creativity of teachers using online learning media in pandemic Covid-19. Al-Ta Lim Journal, 30, 63–73. https://doi.org/10.15548/jt.v30i1.737
Pertiwi, R. G., & Rachman, H. A. (2022). Pengembangan model latihan dribbling futsal melalui permainan sederhana. Sepakbola, 2(2), 47–58. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v2i2.169
Pratama, R. A. (2019). Media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1). https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631
Purba, H. S., Drajad, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi kuadrat dengan metode drill and practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11785
Rusman; (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer: mengembangkan profesionalisme guru Abad 21 (Bandung). Alfabeta. //otomasi.unnes.ac.id/index.php?p=show_detail&id=91188&keywords=
Sedyaningsih, W. (2017). Pengembangan media permainan ular tangga berbasis Adobe Flash Cs6 pada keterampilan menulis bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 1 Sanden [Skripsi, Fakultas Bahasa dan Seni]. https://eprints.uny.ac.id/46488/
Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta LPM, 20(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Sitepu, E. N. (2022). Media pembelajaran berbasis digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. https://library.bpk.go.id/koleksi/detil/jkpkbpkpp-p-1RENPFknuz
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/16722/metode-penelitian-pendidikan.html
Sungkono, S. (2008). Pemilihan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1), Article 1. http://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/6878
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan teoritis multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi sistem reproduksi manusia kelas XI SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 169–174.
Zulherman, Z., Amirulloh, G., Purnomo, A., Aji, G., & Supriansyah, S. (2021). Development of android-based millealab virtual reality media in natural science learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218