Login

Model analisis butir instrumen tes biologi untuk penilaian akhir tahun menggunakan item response theory

Vol. 2 No. 1 (2022):

Hidayatullah Hidayatullah (1), Rina Safitri (2), Slamet Suyanto (3)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Setiap tahun, ada anak didik dari SMAN 2 Yogyakarta yang melanjutkan pendidikan dan lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri untuk program studi Biologi dan program studi Biologi Terapan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kecocokan model item response theory dengan instrumen penilaian akhir tahun tes Biologi di SMAN 2 Yogyakarta yang diujikan pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen tersebut dianalisis berdasarkan item fit dan parameter butir dengan responden sebanyak 287 yang telah memilih opsi dari 40 butir yang tersedia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan data dianalisis menggunakan software R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tersebut memiliki karakter yang cocok dengan model item response theory satu parameter. Butir fit dan butir valid disarankan untuk disimpan, sedangkan butir tidak fit dan butir tidak valid sebaiknya diganti dengan butir yang baru pada rekonstruksi instrumen selanjutnya, karena sudah tidak memenuhi syarat standar membuat instrumen. Khusus butir 16 disarankan merevisi pertanyaan, kunci, dan opsinya.

 

Item analysis model of biology test instrument for the end-of-year assessment using item response theory

 

Abstract: Every year, students from SMAN 2 Yogyakarta continue their education and pass the selection to enter state universities for Biology and Applied Biology study programs. This study aims to fit the item response theory model with the Biology end-of-year assessment instrument at SMAN 2 Yogyakarta, which is tested in the 2021/2022 academic year. This research is quantitative descriptive research. The instrument was analyzed based on item fit and item parameters with 287 respondents who had selected options from 40 available items. The data collection technique was carried out using the documentation method, and the data were analyzed using R software. The results showed that the instrument has a character that fits the one-parameter item response, theory model. Fit items and valid items are recommended to be kept, while non-fit items and invalid items should be replaced with new items in the next instrument reconstruction because they do not meet the standard requirements for making instruments. For item 16, it is recommended to revise the question, key, and options.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur. Rosdakarya.

DeMars, C. E. (2018). Classical test theory and item response theory. In The Wiley Handbook of Psychometric Testing (pp. 49–73). John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781118489772.ch2

Fajaruddin, S., Retnawati, H., Wijaya, T. T., Ramadhan, S., & Prihatni, Y. (2021). Alhamdulillah, butir pengembangan instrumen penilaian artikel jurnal ilmiah dikatakan valid oleh para rater. Measurement In Educational Research (Meter), 1(2), 89–96. https://doi.org/10.33292/meter.v1i2.156

Hambleton, R. K., & Swaminathan, H. (1985). Item response theory. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-017-1988-9

Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1991). Fundamentals of item response theory. Sage.

Hartono, D. (2010). Analisis item instrumen. Banafa Publishing.

Manoppo, Y., & Mardapi, D. (2014). Analisis metode cheating pada tes berskala besar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 115–128. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2128

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Nuha Medika.

Mardapi, D., Haryanto, H., & Hadi, S. (2012). Pengujian hasil belajar dan penilaian pendidikan berbantuan komputer. Jurnal Kependidikan, 42(2). https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2239

Mardapi, D., & Setiawati, F. A. (2014). Penskalaan instrumen tipe thursone dan likert dengan pendekatan teori modern atau IRT. Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Tahun 2014. http://repository.lppm.unila.ac.id/8783/1/PROSIDING HEPI 2014 di Bali.pdf#page=34

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (2005).

Putra, N. H. P. S. (2011). Karakteristik butir soal ulangan kenaikan kelas sebagai persiapan bank soal Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(1), 92–114. https://doi.org/10.21831/pep.v15i1.1089

Retnawati, H. (2014). Teori respons butir dan penerapannya: Untuk peneliti, praktisi pengukuran dan pengujian, mahasiswa pascasarjana. Nuha Medika.

Sudijono, A. (2015). Pengantar evaluasi pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sumadiredja, F. M., Aristia, V., & Bachrudin, A. (2020). Identifikasi parameter soal try-out SBMPTN menggunakan analisis teori respon butir 1 parameter untuk perhitungan skor tiap soal. E-Journal Biastatistics| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, 2020(1), 98–106. https://doi.org/10.1234/bias.v2020i1.10