Login

Validitas kontrol diri dalam memoderasi perilaku pembelian impulsif siswa sekolah menengah atas

Vol. 3 No. 1 (2023):

Indri Murniawaty (1), Nurul Aisah Lancar Sari (2), Nina Farliana (3)

(1) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan konformitas terhadap pembelian impulsif dengan kontrol diri sebagai variabel moderasi di SMA Negeri Se-Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 3.048 siswa. Sampel pada penelitian sebanyak 100 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data mengunakan statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis PLS. Hasil analisis deskriptif, kategori variabel pembelian impulsif dan konformitas cukup, sedangkan kategori variabel penggunaan media sosial dan kontrol diri tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Konformitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Kontrol diri tidak mampu memperlemah pengaruh penggunaan media sosial terhadap pembelian impulsif. Kontrol diri tidak mampu memperlemah pengaruh konformitas terhadap pembelian impulsif. Saran dari penulis yaitu siswa sebaiknya mempunyai perencanaan dan pertimbangan yang matang dalam hal keputusan pembelian.

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) - Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian bisnis (D. Prabantini (ed.)). Andi Offset.

Afandi, A. R., & Hartati, S. (2019). Pembelian impulsif pada remaja akhir ditinjau dari kontrol diri. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 123. https://doi.org/10.22146/gamajop.44103

Amaliya, L., & Setiaji, K. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Semarang). Economic Education Analysis Journal, 6(3), 835–842. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20320

Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh media sosial terhadap impulse buying pada generasi millenial. Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 6681, 429–430. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/4405

Angeline, M. (2017). Pengaruh promosi dalam mempengaruhi pembelian tanpa perencanaan (impulse buying) pada Suzuya Medan. I(1), 11–19. http://www.stmb-multismart.ac.id/ejournal/index.php/JMBA/article/view/2

Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh media sosial dan status ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172–180. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22868

Anjani, P. S., & Astiti, D. P. (2020). Hubungan kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif remaja penggemar animasi Jepang (anime) di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1, 144–155. https://jurnal.harianregional.com/index.php/psikologi/article/view/57813

Azizah, P. N., & Listiara, A. (2017). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif dalam pembelian tas melalui online shop pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 6(1), 332–337. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15141

Battaglini, M., Díaz, C., & Patacchini, E. (2017). Self-control and peer groups: An empirical analysis. Journal of Economic Behavior & Organization, 134, 240–254. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2016.12.018

Bayley, G., & Nancarrow, C. (1998). Impulse purchasing: a qualitative exploration of the phenomenon. Qualitative Market Research: An International Journal, 1(2), 99–114. https://doi.org/10.1108/13522759810214271

Bayu, D. J. (2020). Jumlah pengguna internet di Indonesia capai 196,7 juta. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta#:~:text=Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa,9%25 dibandingkan pada 2018 lalu.

Danuza, D. M., & Herieningsih, S. (2018). Hubungan intensitas mengakses online shop dan tingkat kepercayaan rekomendasi peer group dengan pembelian impulsif secara online. Interaksi Online, 6(2), 28–37. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/19649

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program Smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Badan Penerbit UNDIP.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Teori-teori psikologi. Ar Ruzz Media.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan e-commerce Indonesia capai 78 persen. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media

Khafida, A. A., & Hadiyati, F. N. R. (2020). Hubungan antara koformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif pembelian skincare di marketplace pada remaja putri SMA N 1 Kendal. Jurnal EMPATI, 8(3), 588–592. https://doi.org/10.14710/empati.2019.26501

Khokhar, A. A., Qureshi, P. A. baker, Murtaza, F., & Kazi, A. G. (2019). The impact of social media on impulse buying behaviour in Hyderabad Sindh Pakistan. International Journal of Entrepreneurial Research, 2(2), 8–12. https://doi.org/10.31580/ijer.v2i2.907

Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan konformitas terhadap perilaku konsumtif di kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5973

Kotler, P., & Lane, K. K. (2009). Manajemen pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Lubis, H. K. (2020). Hubungan self control dan konformitas dengan perilaku konsumtif siswa teknik komputer jaringan (TKJ) di SMK Negeri 2 Binjai [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/11489/

Marwa, R. R., Sofwa, S. R., & Wulandari, D. (2021). Hubungan intensitas penggunaan instagram dengan impulse buying pada remaja perempuan di Jakarta. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(01), 53–66. https://doi.org/10.51353/inquiry.v12i01.537

Noneng, N., Supatminingsih, T., Inanna, I., Hasan, M., & Dinar, M. (2020). Pengaruh literasi ekonomi dan lingkungan sosial terhadap perilaku pembelian impulsif melalui online shop pada peserta didik Kelas X Jurusan IPS di SMA Negeri 8 Makassar. In Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora (Vol. 2, Issue 2, pp. 94–104). https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/294

Pangkaca, N., Rejeki, A., & Sholichah, I. F. (2021). Pengaruh kontrol diri terhadap pembelian impulsif belanja online pada karyawan department store. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(7), 1177–1187. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i7.372

Ramadhan, A., Naswandi, C. N., & Herman, C. M. (2020). Fenomena endorsement di Instagramstory pada kalangan selebgram. Kareba, 9(2), 316–329. https://doi.org/10.31947/kareba.vi.8207

Sari, F., & Handayani, N. S. (2019). Kontrol diri dan pembelian impulsif pakaian pada remaja penggemar K-Pop. Jurnal Psikologi, 12(2), 179–188. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2442

Sholikhah, M., & Dhania, D. R. (2017). Hubungan antara gaya hidup hedonisme dan konformitas teman sebaya dengan perilaku pembelian impulsif Universitas Muria Kudus. Psikovidya, 21(1), 43–49. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v21i1.65

Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1_suppl), S71–S83. https://doi.org/10.1002/per.423

Zafar, A. U., Qiu, J., Li, Y., Wang, J., & Shahzad, M. (2021). The impact of social media celebrities’ posts and contextual interactions on impulse buying in social commerce. Computers in Human Behavior, 115(July), 106178. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106178