Ira Choerunissa (1), Tusyanah Tusyanah (2)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel motivasi belajar, self-efficacy, dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan kompetensi pedagogik pada mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif. Populasi penelitian ini sejumlah 108 mahasiswa dan sampel sejumlah 76 mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling yang merujuk kepada teknik purposive sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini diantaranya (1) Terdapat pengaruh secara parsial positif dan signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan kompetensi pedagogik. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan self-efficacy terhadap kemampuan kompetensi pedagogik. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengalaman mengajar terhadap kemampuan kompetensi pedagogik. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan variabel motivasi belajar, self-efficacy dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan kompetensi pedagogik pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang tahun 2020.
Kata Kunci: Kemampuan Kompetensi Pedagogik; Motivasi Belajar; Self-Efficacy; Pengalaman Mengajar
Analysis of the influence of learning motivation, self-efficacy, and teaching experience on the pedagogical competence of office administration education students.
Abstract: The purpose of this study was to analyze the influence of learning motivation variables, self-efficacy, and teaching experience on the ability of pedagogical competence in students. This type of research is quantitative. The population of this study was 108 students and the sample was 76 students of Office Administration Education class of 2020. The sampling technique used is a nonprobability sampling technique that refers to a purposive sampling technique. Research data collection using a questionnaire. The data analysis method uses multiple linear regression analysis. The results of this study include (1) There is a partially positive and significant effect of learning motivation on pedagogical competence. (2) There is a positive and significant influence of self-efficacy on the ability of pedagogical competence. (3) Teaching experience has a positive and significant effect on pedagogical competence. (4) There is a simultaneous positive and significant effect of learning motivation, self-efficacy, and teaching experience variables on pedagogical competence abilities in Office Administration Economics Education students at Semarang State University in 2020.
Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu
Baanu, T. F., & Oyelekan, O. S. (2016). Self-efficacy and chemistry students’ academic achievement in senior secondary schools in North-Central, Nigeria. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4(1), 43–52.
Bandura, A., & Wessels, S. (1997). Self-efficacy (pp. 4-6). Cambridge: Cambridge University Press.
Fitria, F. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru IPS di MAN Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Gaib, Y., Hinelo, R., & Monoarfa, M. A. S. (2023). Pengaruh self efficacy dan locus of control terhadap kompetensi guru SMA Negeri 1 Suwawa. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(1), 409-417.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gintings, A., & Si, M. (2010). Esensi praktis belajar & pembelajaran: Disiapkan untuk pendidikan profesi dan sertifikasi guru-dosen. Humaniora Utama Press.
Hidayat, W. (2015). Uji validitas dan reliabilitas konstruksi alat ukur power endurance tungkai: Perbandingan tes gawang 20 cm, 25 cm dan 30 cm dengan waktu 30 detik dan 1 menit (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hidayati, N. (2015). Pengaruh motivasi belajar dan minat mengajar terhadap kesiapan menjadi guru SMA. Universitas Negeri Semarang.
Indonesia. 2005. Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta.
Laelasari, D., Qowaid, Q., & Norman, E. (2020). Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri Cemplang Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2(2), 200-220.
Mahmud, M., Moonti, U., & Rahmat, A. (2019). Impact of field experience on pedagogical competence of economic education students. KnE Social Sciences, 495-501.
Meilisa, R. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan manajemen waktu terhadap kompetensi pedagogik di kalangan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013-2016 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW).
Mujayanti, A., & Latifah, L. (2022). Peran efikasi diri dalam memediasi lingkungan keluarga dan PLP terhadap kesiapan menjadi guru. Measurement In Educational Research, 2(2), 80-91.
Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2016). Pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru (Studi pada guru IPS terpadu yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang pendidikan ekonomi). Jurnal Ad'ministrare" Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran", 3(2), 1-148.
Rizal, S. (2016) Pengaruh konformitas dan self-efficacy terhadap kompetensi pedagogik guru MGMP Ekonomi se-Kota Sintang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(9).
Rusmiyanti (2017) Pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah Ii Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Sudarroji, D. R., Retnaningsih, L. E., & Rosa, N. N. (2023). Pengaruh self-efficacy terhadap kompetensi guru taman kanak-kanak se-Kecamatan Mantup. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 3257-3263.
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (Ed.). Alfabeta.
Syarifah, A. (2016). Pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional (Studi terhadap mahasiswa PGMI angkatan 2012 FITK UIN Walisongo Semarang).
Uno, H. B. (2013). Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Widodo, A. N. A., Ardani, A., & Aristiyo, D. N. (2021). Pengaruh self efficacy dan prestasi microteaching berbantu Zoom meeting terhadap kemampuan mengajar matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10.
Wulandari, R. D. (2021). Pengaruh self-efficacy dan minat mengajar terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa S-1 PGSD. Skripsi