Login

Prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek afektif

Vol. 2 No. 2 (2022):

Ira Kurniawati (1), Donny Khoirul Azis (2)

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifudin Zuhri Purwokerto, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPA siswa kelas V (lima) SD Segugus Jogonegoro Kecamatan Selomerto (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA (3) mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar IPA (4) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPA Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (lima)  SD se Gugus Jogonegoro Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo berjumlah 173 siswa yang berasal dari 7 sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah 121 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reabilitas sedangkan uji prasysarat menggunakan uji normalitas dan multikolinearitas. Uji hipotesis melalui uji regresi ganda dan korelasi parsial. Pada uji F hasilnya menyatakan ada dampak sangat signifikan antara motivasi belajar (X1), pemanfaatan sumber belajar (X2), dan perhatian orang tua  (X3) secara simultan terhadap prestasi belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA siswa kelas V (lima) di SD   (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perhatian motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA siswa kelas V (lima) (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar IPA murid kelas V (lima) SD (4) terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil prestasi belajar IPA siswa kelas V (lima)  SD. Hasil uji t variabel yang paling berdampak terhadap prestasi belajar IPA adalah perhatian orang tua. Sumbangan efektif motivasi belajar, pemanfaataan sumber belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA memberikan hasil yang cukup besar.

 

Student learning achievement in terms of affective aspects

 

The purpose of this study is (1) to determine the effect of learning motivation, utilization of learning resources, and parental attention on the science learning achievement of fifth grade (five) elementary school students Segugus Jogonegoro, Selomerto District (2) to determine the effect of learning motivation on science learning achievement (3) to determine the effect of learning motivation on science learning achievement. utilization of learning resources with science learning achievement (4) determines the effect of parental attention on science learning achievement. This research includes quantitative research. The population in this study was the fifth grade (five) elementary school students in the Jogonegoro Cluster, Selomerto District, Wonosobo Regency, totaling 173 students from 7 schools. The sample in this study was 121 students. The sampling technique used is simple random sampling. The collection technique uses a questionnaire and documentation. The instrument test uses validity and reliability tests, while the prerequisite test uses normality and multicollinearity tests. Hypothesis test through multiple regression test and partial correlation. In test F, the results stated there was a very significant impact between learning motivation (X1), utilization of learning resources (X2), and parental attention (X3) simultaneously on science learning achievement. The results showed (1) there is a significant positive influence between learning motivation, utilization of learning resources, and parental attention together with the learning achievement of students in science class V (five) in elementary school, (2) there is a significant positive influence between attention motivation learning and learning achievement science students class V (five) (3) there is a significant positive influence between the utilization of learning resources with learning achievement science students class V (five) elementary school (4)  There is a very significant positive influence between parental attention and the results of science learning achievement of students in grade V (five) elementary school. The test results of the variable that most impact science learning achievement are parental attention. The effective contribution of learning motivation, utilization of learning resources, and parental attention together with science learning achievement provides considerable results.

References

Amin, M. (2010). Implementasi hasil-hasil penelitian bidang biologi dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Biologi, 7(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1202

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Arsyad, A., & Anitah, S. (2017). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Buchory, M. S. (2014). Pendidikan nasional yang berpancasila. Universitas PGRI Yogyakarta.

Djamarah, S. B. (2012). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Usaha Nasional.

Dwija, I. W. (2008). Hubungan antara konsep diri, motivasi berprestasi dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Sosiologi pada siswa kelas II Sekolah Menengah Atas unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 41(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v41i1.1977

Farida, I., & Salim, I. (2015). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5). https://doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10127

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Jannah, M. Z. (2017). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/9956/

Purwanto, M. N., Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2009). Psikologi pendidikan. In Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Suharyanto, A. (2013). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(2), 12. https://doi.org/10.31289/jppuma.v1i2.563

Suryabrata, S. (2010). Psikologi pendidikan. PT Rajagrafindo.