Muhammad Imam Rahmatullah (1), Agus Prima Aspa (2), Muhammad Faisal (3), Rusmanto Rusmanto (4), Ali Mandan (5), Dinan Mitsalina (6)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sepakbola dengan menggunakan multimedia interaktif yang digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam PJOK. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian uji coba lapangan menunjukkan aspek penilaian kemenarikan 82,6%, kejelasan 80%, ketepatan 76,7%, kemudahan 77,3%, kesesuaian 84,5& dan rata-rata 80,22% menunjukkan produk bahan ajar dalam penelitian ini sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini menemukan bahwa bahan ajar sepakbola multimedia interaktif layak digunakan dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam PJOK. Harapannya penelitian selanjutnya dapat melengkapi instrumen baik teori ataupun praktiknya
Football learning in physical education with innovative teaching materials: An endeavor towards learning independence
Abstract: This study aims to produce football teaching materials using interactive multimedia used to improve learning independence in PJOK. This type of research uses development research with the ADDIE development model consisting of five stages, namely, analyze, design, development, implementation, and evaluation. Research data were collected using questionnaires and data analysis techniques using quantitative descriptive analysis. The results of the field trial study showed aspects of attractiveness assessment of 82.6%, clarity of 80%, accuracy of 76.7%, ease of 77.3%, suitability of 84.5& and an average of 80.22% indicating that the teaching material product in this study is very valid. The conclusion is that interactive multimedia football teaching materials are suitable for use in PJOK learning to improve learning independence in PJOK. It is hoped that further research can complete the instrument both in theory and practice.
Ali, M. K., Ali, A. M., & Hasanah, A. (2024). Efektivitas fitur ChatGPT, Gemini dan Claude AI dalam membantu guru membuat bahan ajar. PEDAGOGIC: Indonesian Journal of Science Education and Technology, 4(1), 58–71. https://doi.org/10.54373/ijset.v4i1.1649
Artawan, K. Y., & Artanayasa, I. W. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Materi Sepak Bola. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 06(01), 13–25.
Awaliyyah, U. A., Irawan, F. A., Rahesti, N., Gulsirirat, P., & Pamungkas, A. T. (2023). Sepakbola 7 lawan 7: Anak berkebutuhan khusus dan prestasi. Sepakbola, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v3i2.289
Diana, N., & Sukestiyarno. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-Modul. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 203–206.
Faisal, M., Maesaroh, S., Vai, A., & Aspa, A. P. (2023). Strengthen Students ’ Sense of Responsibility in Learning PJOK Through the TPSR Model. Journal of Physical Education, Health and Sport, 10(2), 105–111.
Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4796
Irawan, D. (2013). Analisa Penngaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 8–8.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12
Kurnia, N., Adnan, A., & Dzulkarnain, A. F. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Kelas XI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional LP2M UNM, 573–576.
Kusumaningrum, D. S. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran dan kemandirian belajar matematik melalui pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) [Improving reasoning ability and self-regulated in learning mathematics through Indonesian realistic mathematics education]. Jurnal Buana Ilmu, 1(1), 10–20.
Limbong, M., Firmansyah, Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27
Lucius. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pencak Silat Berbasis Google Sites. Ikippgriptk, 2(1), 12–93.
Magdalena, I., Kofifah, A., & Auliyah, F. (2023). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Ndruru, B., & Lawalata, M. (2023). Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik. Jurnal Teologi Cultivation, 7(1), 152–169. https://doi.org/10.46965/jtc.v7i1.2273
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru Sdn Merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182. https://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2811
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.
Rojali, A. P., Syafei, M. M., & Nugroho, S. (2021). Pemahaman Siswa terhadap Pembelajaran Permainan Sepakbola di Sekolah Menengah Atas pada Masa Pandemi Covid-19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(1), 118–126. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.2778
Setiawan, B. (2024). Mengatasi stigma negatif terhadap mata pelajaran PJOK: Kajian tentang praktik profesional guru dan kualitas pembelajaran. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), Article 10. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.23
Supardi, A. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan ajar Suplemen dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 161–167.
Sutarno, E., & Mukhidin. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
Zahra, N. Y., Zarwan, Neldi, H., & Ihsan, N. (2022). Pengembangan E-Modul Untuk Materi Bolabasket Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 5(7), 61–68.