Muhammad Imam Rahmatullah (1), Agus Prima Aspa (2), Muhammad Faisal (3), Rusmanto Rusmanto (4), Ali Mandan (5), Dinan Mitsalina (6)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sepakbola dengan menggunakan multimedia interaktif yang digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam PJOK. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian uji coba lapangan menunjukkan aspek penilaian kemenarikan 82,6%, kejelasan 80%, ketepatan 76,7%, kemudahan 77,3%, kesesuaian 84,5& dan rata-rata 80,22% menunjukkan produk bahan ajar dalam penelitian ini sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini menemukan bahwa bahan ajar sepakbola multimedia interaktif layak digunakan dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam PJOK. Harapannya penelitian selanjutnya dapat melengkapi instrumen baik teori ataupun praktiknya
Football learning in physical education with innovative teaching materials: An endeavor towards learning independence
Abstract: This study aims to produce football teaching materials using interactive multimedia used to improve learning independence in PJOK. This type of research uses development research with the ADDIE development model consisting of five stages, namely, analyze, design, development, implementation, and evaluation. Research data were collected using questionnaires and data analysis techniques using quantitative descriptive analysis. The results of the field trial study showed aspects of attractiveness assessment of 82.6%, clarity of 80%, accuracy of 76.7%, ease of 77.3%, suitability of 84.5& and an average of 80.22% indicating that the teaching material product in this study is very valid. The conclusion is that interactive multimedia football teaching materials are suitable for use in PJOK learning to improve learning independence in PJOK. It is hoped that further research can complete the instrument both in theory and practice.
Amalia, D., Zaini, M., & Halang, B. (2022). KUALITAS LKPD ELEKTRONIK PADA KONSEP PLANTAE BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS JENJANG SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 12–20. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p12-20
AGUSTIN, CK (2018). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA SEMEN GRESIK (Disertasi Doktor, Universitas Muhammadiyah Gresik).
Anjari, G. T. (n.d.). ANALISIS DAN PERANCANGAN LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK PADA MATERI BASIS DATA DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA ANALYSIS AND DESIGN STUDENT WORKSHEET ON ELECTRONIC MATERIALS DATABASE AT SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA PENDAHULUAN Materi Basis d. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Teknologi.
Astuty, H. (2021). Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Dipengaruhi Kebiasaan dan Kemandirian Belajar (Survey Pada SMP Negeri Di Kabupaten Bogor). Jurnal Pendidikan IPS, 4(3), 237–245. https://doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10728
Faisal, M., Maesaroh, S., Vai, A., & Aspa, A. P. (2023). Strengthen Students ’ Sense of Responsibility in Learning PJOK Through the TPSR Model. Journal of Physical Education, Health and Sport, 10(2), 105–111.
Harahap, ACP, Harahap, DP, & Simarmata, SW (2021). Belajar Dari Rumah (Daring): Kemandrian Belajar Mahasiswa. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 11 (1), 85-92.
Juliangkary, E., Yuliyanti, S., & Syahrir, S. (2020). Penggunaan Bahan Ajar Matakuliah Pembelajaran Saintifik Berdasarkan Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1529
Kurnia, N., Adnan, A., & Dzulkarnain, A. F. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Kelas XI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional LP2M UNM, 573–576. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11546%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/viewFile/11546/6760
Kusumaningrum, D. S. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran dan kemandirian belajar matematik melalui pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) [Improving reasoning ability and self-regulated in learning mathematics through Indonesian realistic mathematics education]. Jurnal Buana Ilmu, 1(1), 10–20. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/BuanaIlmu/article/view/94
Lucius. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pencak Silat Berbasis Google Sites. Ikippgriptk, 2(1), 12–93.
Maksum, M. (2024). Prosedur Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI). AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) , 4 (02), 1037-1050.
Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, & Rabiatul Khairiah. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27
MONIKA, G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar e-LKPD Menggunakan Software 3D Pageflip Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Di Kelas XII SMAN 1 Batanghari. Jurnal Pendidikan Kimia .
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Ndruru, B., & Lawalata, M. (2023). Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik. Jurnal Teologi Cultivation, 7(1), 152–169. https://doi.org/10.46965/jtc.v7i1.2273
NOVITASARI, E. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMAHAMI MATERI PELUANG DAN MELATIH KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS (Disertasi Doktor, Universitas Siliwangi).
Oktaviani, A., Umamah, N., & Marjono, R. A. S. (2021). Development of Historical Learning E-Modules Based Arcs (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Jurnal HISTORICA, 5(2252), 66–85. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/download/24784/9902
Pratama, R. S., & Fudin, M. S. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepakbola Gagali Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola. Penjaga: Pendidikan Jasmani & Olahraga, 1(1), 1–6.
Pratama, H. ., Sulendro, S., & Prasetyo, G. . (2022). Pengaruh Latihan Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Peserta Putra Ekstrakurikuler SMPN 1 Gandusari. Journal of Physical Activity (JPA), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.58343/jpa.v3i1.28
Rojali, A. P., Syafei, M. M., & Nugroho, S. (2021). Pemahaman Siswa terhadap Pembelajaran Permainan Sepakbola di Sekolah Menengah Atas pada Masa Pandemi Covid-19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(1), 118–126. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.2778