Login

Trend penelitian higher-order thinking skills IPA di sekolah dasar: Studi literatur pada publikasi jurnal nasional dalam 5 tahun terakhir

Vol. 4 No. 2 (2022):

Inas Alya Rigisa (1), Ika Maryani (2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
(2) Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Abstract:

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana rekomendasi peluang trend topik penelitian yang akan datang, pemetaan kaitan antar kata kunci, dan perkembangan artikel penelitian terhadap HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar pada tahun 2017-2021. Metode pada penelitian ini adalah Mix Method yaitu dengan menggunakan studi literatur dan pendekatan bibliometric. Teknik yang digunakan adalah analisis konten dengan mendeskripsikan dan analisis data menggunakan bantuan software VosViewers serta Microsoft Excel. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui peluang penelitian yang akan datang yaitu e-module flipbook, sciencetific literacy dan science learning outcomes yang kemudian dihubungkan dengan HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar. Pemetaan kaitan antar kata kunci berdasarkan enam warna cluster hasil visualisasi VosViewers diantaranya adalah critical thinking skills, science, keterampilan berpikir kritis, LKPD, Problem Based Learning, dan instrumen penilaian yang sejatinya keenam kata kunci tersebut saling berhubungan satu sama lain. Perkembangan artikel penelitian berdasarkan hasil analisis VosViewers dan visualisasi menggunakan Microsoft Excel yaitu dapat diketahui bahwa setiap tahunnya penelitian terkait HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar ini mengalami perkembangan. Hal tersebut terbukti dengan adanya garis grafik yang menyerong ke kanan atas tanpa adanya penurunan disetiap tahunnya.

References

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Aribowo, E. K. (2019). Analisis Bibliometrik Berkala Ilmiah Names: Journal of Onomatics dan Peluang Riset Onomastik di Indonesia a Bibliometric Analysis of Names: Journal of Onomastics and Onomastics Research Opportunities in Indonesia. In Online) (Vol. 31, Issue 1).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 31–47.

Biologi Model PBM Menggunakan Terbimbing dan LK Bebas Termodifikasi Ditinjau dari KPS dan Kemampuan Berpikir Analitis Erminingsih, P. L., & Sudarisman, S. (n.d.). Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS 203.

Creswell, J. W. (2011). Controversies in Mixed Methods Research. The Sage Handbook of Qualitative Research, 4(1), 269–284.

Dewa, I., Parlin, P. L., Iswanto, H., & Setyo Budi, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis KVISOFT untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Medan Magnet. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/

Diani, R., & Sri Hartati, N. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional Flipbook Based on Islamic Literacy: The Development of Physics Learning Media Using 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–243. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819

Endaryati, A., Ragil, I., Atmojo, W., Slamet, S. Y., & Suryandari, K. C. (n.d.). Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.

Fatimah, S., & Rinawati, A. (2022). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills untuk Guru MI di Kebumen. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 152–161. https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2190

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Hadi, S. (n.d.). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study).

Hewi, L., Shaleh, M., & IAIN Kendari, P. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). 04(1), 30–41.

Karim, A., & Soebagyo, J. (2021). Pemetaan Bibliometrik Terhadap Trend Riset Matematika Terapan di Google Scolar Menggunakan VosViewers. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5835

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Mendesain, T. (2011). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Jakarta.

Penilaian Pendidikan Badan Penelitian, P., Pendidikan, D., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (n.d.). Pendidikan di Indonesia.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172

Reitz, J. M. (2004). Dictionary for Library and Information Science. Libraries Multimed.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tira Smart.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Smile’s.

Sofiyah, S. S. & S. S. (2015). Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Artikel Ilmiah Mahasiswa, Vol I (1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Usmaedi. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS pada Anak Usia Sekolah Dasar. JPSD, Vol 3.

View of Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer. (n.d.). Retrieved December 22, 2022, from https://e-journal.rosma.ac.id/index.php/interkom/article/view/92/86

Yuliati, Y. (n.d.). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. In Jurnal Cakrawala Pendas (Vol. 3).