Sayyidah Hafshah Husainiah (1), Elia Flurentin (2), M. Ramli (3)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA Islam Almaarif Singosari yang tinggal di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan rancangan model one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian sejumlah lima orang siswa SMA Islam Almaarif Singosari yang dipilih berdasarkan penjaringan menggunakan Skala Manajemen Waktu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Skala Manajemen Waktu dan Pedoman Pelaksanaan Konseling Kelompok Behavioral Teknik Self-Management. Hasil menunjukkan bahwa konseling kelompok behavioral teknik self-management efektif untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA Islam Almaarif Singosari yang tinggal di pondok pesantren.
Â
Effectiveness of behavioral group counseling using self-management techniques to improve Islamic boarding schools students’ time management ability
Abstract
The purpose of this study was to determine the effectiveness of behavioral group counseling using self-management techniques to improve Islamic boarding schools students’ time management ability. This study used one group pre-test and post-test design model. The research subjects were five students of Almaarif Singosari Islamic High School who were selected based on the selection using the Time Management Scale. The research instrument used was the Time Management Scale and Guidelines for the Implementation of Behavioral Group Counseling Self-Management Techniques. The results showed that the behavioral group counseling using self-management techniques was effective to Islamic boarding schools students’ time management ability.
Alamri, N. (2015). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah (Studi pada siswa kelas X SMA 1 Gebog tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.259
Alfath, K. (2020). Pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Journal Al-Manar, 9(1), 125–164. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136
Anjani, W. S., Arumsari, C., & Imaddudin, A. (2020). Pelatihan self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 4(1), 41–56. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/41-56
Cormier, W. H., & Cormier, L. S. (1991). Interviewing strategies for helpers [GEN]. Cole Publishing Company.
Ernawati, E., Setiawati, E. P., & Kurniawan, T. (2017). Pengaruh motivasi internal dan eksternal terhadap diabetes self management di wilayah Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(2). https://doi.org/10.24198/jsk.v1i2.13005
Fauzan, L. (1992). Pengubahan kebiasaan belajar siswa SMA dengan siasat-siasat kelola diri. IKIP Malang.
Gunarsa, S. D. (2004). Konseling dan psikoterapi. Gunung Mulia.
Hati, S. S., & Moesarofah, M. (2020). Strategi self management berbasis tazkiyatun nafsi dalam konseling kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 133–139. https://doi.org/10.26539/teraputik.42307
Juliasari, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan antara manajemen waktu belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3). https://doi.org/10.30738/.v4i3.435
Monica, M. A., & Gani, R. A. (2016). Efektivitas layanan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk mengembangkan tanggung jawab belajar pada peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 119–132. http://103.88.229.8/index.php/konseli/article/view/576
Motoh, T. C., & Saharudin, S. (2020). Manajemen waktu pondok pesantren terhadap hasil belajar siswa studi kasus MTs DDI Siapo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2). https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/130
Muratama, M. S. (2018). Layanan konseling behavioral teknik self management untuk meningkatkan disiplin dan tanggung jawab belajar siswa di sekolah. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.11793
Ningsih, W. F. (2017). Penggunaan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen. Universitas Negeri Malang.
Prayitno, P. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling kelompok dengan teknik self management untuk menurunkan prasangka sosial peserta didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 33–41. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.624
Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.140
Sholihah, N. (2013). Penerapan strategi self-management untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa tunadaksa Cerebral Palcy kelas IV SDLB-D YPAC Surabaya. Jurnal BK Unesa, 3(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3068
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan; pendidikan kuantitatif, kualitati. Alfabeta CV Bandung.
Swara, H. Y., . S., & Yulianti, P. D. (2020). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management terhadap prokrastinasi akademik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 77. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24885
Yusuf, M. (2016). Pembinaan moral santri di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Desa Gemiring Lor Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Universitas Negeri Semarang.