Motivasi, kreativitas guru, dan fasilitas belajar sebagai prediktor prestasi IPS: Studi korelasional pada siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.33292/ter.v5i1.499Keywords:
motivasi, kreatifitas guru, pemanfaatan fasilitas belajar, prestasi belajar, motivation, teacher creativity, utilization of learning facilities, learning achievementAbstract
Penelitian ini bertujuan menilai: (1) pengaruh simultan motivasi, kreativitas guru dalam mengajar, dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS; serta pengaruh parsial masing-masing variabel (2) motivasi, (3) kreativitas guru, dan (4) pemanfaatan fasilitas belajar pada siswa kelas IV se-Gugus Jogonegoro Kecamatan Selomerto. Studi kuantitatif korelasional ini melibatkan populasi 216 siswa; sampel 148 siswa dipilih dengan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi nilai. Uji instrumen meliputi validitas dan reliabilitas; uji prasyarat mencakup normalitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan regresi linear berganda dan korelasi parsial. Hasil menunjukkan pengaruh signifikan secara simultan motivasi, kreativitas guru, dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi IPS. Secara parsial, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi; kreativitas guru dalam mengajar juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan; demikian pula pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan motivasi siswa, peningkatan kapasitas kreativitas instruksional guru, dan optimalisasi pemanfaatan fasilitas belajar untuk mendukung capaian akademik IPS. Implikasi praktis mencakup perancangan intervensi berbasis kelas dan sekolah yang menyinergikan ketiga faktor tersebut melalui program motivasi, pengembangan profesional guru, dan manajemen fasilitas.
Motivation, teacher creativity, and learning facilities as predictors of social studies achievement: A correlational study of primary school students
Abstract: This study investigates: (1) the joint effects of motivation, teachers’ instructional creativity, and learning facilities utilization on social studies achievement; and the partial effects of (2) motivation, (3) teacher creativity, and (4) facilities utilization among fourth-grade students in the Jogonegoro school cluster, Selomerto. Employing a quantitative correlational design, the study targeted a population of 216 students; a sample of 148 was selected through simple random sampling. Data were collected using questionnaires and achievement records. Instrument testing comprised validity and reliability analyses; assumption checks included normality and multicollinearity. Hypotheses were tested using multiple linear regression and partial correlations. The results indicate a significant simultaneous effect of motivation, teacher creativity, and learning facilities utilization on social studies achievement. Individually, motivation shows a positive, significant effect; teachers’ instructional creativity exhibits a positive, significant effect; and learning facilities utilization also demonstrates a positive, significant effect. These findings underscore the importance of strengthening student motivation, enhancing teachers’ creative instructional practices, and optimizing the use of learning facilities to improve social studies performance. Practical implications point to classroom- and school-level interventions that integrate these three levers via motivation programs, targeted professional development for teachers, and strategic facilities management.
References
Ahmadi, Ab. & Widodo, S. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ahmadi, A. dan Sholeh, M. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amri, Sofan. (2013). Pengembangam Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Amri, Sofan. (2014). Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Damayanti.A.H.O (2014). Pengaruh Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 SLEMAN Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: eprint.uny.1d.
Djaali, A. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fausi, M. R. (2017) Pengaruh Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar, Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa KelasXT IPS SMA Negeri Depok Tahun Ajaran 2016/2017. eprints.uny.ac.id. Volume I
Fysta (2009) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi 41 Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siaiwa Kelas XI llmu Sosial SMA Negeri 5 Tegal. Lib unnes.ac.id
Handari, D (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X SMK YAPEMDA I SLEMAN Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamzah B.Uno. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Hamzah B. Uno, 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rismawati, K. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam kegiatan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Daerah Binaan III Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/1624/1089
Ryan, P, & Ade, R. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Tehadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal.
Sandy.L.L.(2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa al. Volume 9, no.2 Desember 2018. ISSN 2086/630
Siska Eko Mawarsih, E. S. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Presatsi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo, Juni 2013. JUPE UNS, Vol. 1,No. 3, Hal 1 s/d 13
Moenir, A. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.
Munib, A, dkk. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan. Dimarang: Unnes Press.
Purwanto, Ngalim. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Wali Pers
Sudjana, Nana. (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sulastri(2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas X SMA N 1 Godean Sleman
Pelajaran 2014-2015. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas PGRI Yogyakarta, 2015, Repository. Upy.ac.ad//785
Sukardi, D.K. (2003). Analisis tes Psikologi. Denpasar: Rineka Cipta.
Slameto. (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhnya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedijarto. (2003). Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabratan Sumadi (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT, Remaja.
Syaiful Bahri, Djamarah dan Zain, A. (2015). Sirategi Belajar Mengajar, Jakarta Rineka ipu
Utami, P. U.(2018) Pengaruh positif Mofivasi Belajar dan disiplin diri terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Jurnal.upi-yac.ac.id.Vol 2 No 3 Bulan November 2018.
Tu'u, Tulus.(2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo
Walgito, B. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offdit.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Siti Fatimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER.