Pembelajaran berbasis smartphone untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika

Authors

  • Hesty Marliana Wati Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Jajang Rahmatudin Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Nurlaela Nurlaela Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33292/meter.v5i2.415

Keywords:

Smartphone, Matematika, Motivasi belajar

Abstract

Rendahnya motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru, untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar peserta didik tersebut diperlukan adanya strategi pembelajaran yang sesuai salah satunya adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis smartphone. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan mengunakan model model penelitian dari kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas IX A SMPN 1 Plumbon. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik observasi dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik Dimana pada hasil angket pra-siklus menunjukkan motivasi belajar sebesar 63% pada siklus 1 sebesar 82%, sedangkan pada siklus 2 sebesar 87%. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar peserta didik tersebut telah menunjukkan bahwa dengan adanya implementasi pembelajaran berbasis smartphone dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX A SMPN 1 Plumbon

Published

2025-10-04

How to Cite

Wati, H. M., Rahmatudin, J., & Nurlaela, N. (2025). Pembelajaran berbasis smartphone untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Measurement In Educational Research, 5(2). https://doi.org/10.33292/meter.v5i2.415

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.