Desain dan uji kelayakan media big book sebagai sarana stimulasi kemampuan membaca awal di taman kanak-kanak

Authors

  • Isti Triwahyuni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Yuli Prihatni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33292/ter.v7i1.513

Keywords:

Media Pembelajaran, Big Book, Membaca Awal, Anak Usia Dini, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Big Book yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca awal di TK ABA Al-Hikmah Kretek Bantul Yogyakarta, serta menilai kelayakan media dan materi yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang dilaksanakan melalui empat tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Analisis data dilakukan dengan uji Paired Sample t-test untuk mengukur efektivitas media terhadap kemampuan membaca awal anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang semula digunakan guru berupa bahan ajar cetak sederhana dan kartu huruf. Media Big Book yang dikembangkan menampilkan gambar dan teks bertema pengenalan anggota keluarga, benda di lingkungan sekitar, nama buah dan sayuran, serta hewan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Big Book berada dalam kategori sangat layak. Selain itu, uji efektivitas menunjukkan bahwa media tersebut berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca awal anak usia dini (p = 0,000; p < 0,05).

 

Design and feasibility testing of big book media as a tool to stimulate early reading skills in kindergarten

 

Abstract: This study aims to develop Big Book learning media for teaching early reading skills in TK ABA Al-Hikmah Kretek Bantul, Yogyakarta, and to evaluate the feasibility of the developed media and its content. The research employed a Research and Development (R&D) design, implemented through four main stages: define, design, develop, and disseminate. Data were analyzed using the Paired Sample t-test to assess the effectiveness of the media on children’s early reading skills. The findings indicate that the learning materials previously used by teachers consisted mainly of printed materials and letter cards. The developed Big Book incorporates illustrated and thematic content introducing family members, everyday objects, fruits and vegetables, and animals. The validation results show that the Big Book media is categorized as highly feasible. Furthermore, the effectiveness test reveals a significant improvement in early reading skills among kindergarten students after using the Big Book (p = 0.000; p < 0.05). This suggests that Big Book learning media can serve as an effective and engaging tool for stimulating early reading development in early childhood education settings.

References

Aisyah, D. W., Gipayana, M., & Djatmika, E. T. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis literasi bercirikan quantum teaching untuk mengoptimalkan pembelajaran. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 667–675

Aprilia, M., Nugraha, R., & Putri, D. (2023). The effect of Big Book media on early reading skills of kindergarten students. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 421–432. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3983

Juwita, F., & Ramadhan, S. (2023). Learning through play to improve literacy and social development in early childhood. Early Childhood Education Journal, 51(2), 215–229. https://doi.org/10.1007/s10643-022-01396-3

Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2018). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-12.

Muhyidin, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2017). Evaluasi pembelajaran membaca permulaan di kelas awal sekolah dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 2017; 139–146.

Muhyidin, S., Supriyadi, S., & Sari, L. (2017). Kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(3), 28–38. https://doi.org/10.29407/jpdn.v2i3.1035

Ni’mah, Siti. (2016). Efektivitas penggunaan media game edukatif terhadap kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy kelas dasar II di SLB Widya Mulia Pundong Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan bahan ajar modul ilmu pengetahuan alambagi siswa kelas iv sekolah dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurfadilah, A., & Hasanah, N. (2022). Development of contextual teaching and learning through play for early literacy improvement. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4233–4244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2517

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Sari, D., & Oktaviani, A. (2021). Big Book as an effective media to improve early reading ability in preschool children. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 130–140. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.42791

Schunk, D.H. (2012). Learning theories. an educational perspective. Sixth Edition. Pearson Education, Inc.

Sulaiman, A., & Wibowo, U. B. (2016). Implementasi sistem penjaminan mutu internal Sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 17-32.

Suryani, A. (2015). Kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 64/1 Muara Bulian. Jambi: Universitas Jambi.

Suyanto. (2005). Permainan pendukung pembelajaran bahasa dan saatra. Jakarta: Gramedia

USAID Prioritas. (2015). Pembelajaran Litersi Kelas Awal di LPTK. USAID: Jakarta.

USAID. (2014). Laporan pendidikan dasar Indonesia: Pembelajaran membaca di kelas awal. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widyana, R., Safitri, R. M., & Purnamasari, S. E. (2010). Validasi alat pengukuran (assesment tools) kemampuan membaca awal. Jurnal Insight, 8(1), 8-22.

Downloads

Published

2025-03-14

How to Cite

Triwahyuni, I., & Prihatni, Y. (2025). Desain dan uji kelayakan media big book sebagai sarana stimulasi kemampuan membaca awal di taman kanak-kanak. Teacher in Educational Research, 7(1), 40–47. https://doi.org/10.33292/ter.v7i1.513

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.