Login

Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik make a match untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi

Vol. 1 No. 1 (2019):

Ety Wahyuningsih (1), Samsi Haryanto (2), Pardimin Pardimin (3)

(1) MAN 2 Kebumen, Indonesia
(2) Direktorat Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
(3) Direktorat Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan motivasi belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS 1 MAN 2 Kebumen dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif teknik make a match, (2) mendeskripsikan penerapan pendekatan model pembelajaran kooperatif teknik make a match yang benar /tepat dalam pembelajaran akuntansi kelas XII IPS 1 MAN 2 Kebumen yang dapat meningkatkan motivasi, (3) mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dalam meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 MAN 2 Kebumen, (4) mendeskripsikan hasil analisis efektivitas penerapan pendekatan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dalam meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS 1 MAN 2 Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-1 MAN 2 Kebumen tahun 2017/2018. Data yang diperoleh dari instrumen motivasi belajar dan data observasi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan motivasi belajar akuntansi. Motivasi belajar yang dicapai  siswa meningkat, pada siklus I 56,25% meningkat pada siklus II menjadi 78,125%. 

 

The application of cooperative learning model make a match technique to improve students accounting motivation and learning achievement

 

Abstract

The objectives of this research are (1) to describe students' learning motivation in class XII IPS 1 MAN 2 Kebumen using cooperative learning model of make a match technique, (2) to describe the application of cooperative learning model of make a match technique in class accounting learning XII IPS 1 MAN 2 Kebumen that can improve motivation and learning outcomes, (3) describe the advantages and disadvantages of cooperative learning model make a match technique in improving motivation and learning outcomes of students of class XII IPS 1 MAN 2 Kebumen, (4) describe the results of effectiveness analysis applying cooperative learning model approach make a match technique in improving motivation and learning outcomes of students of class XII IPS 1 MAN 2 Kebumen. This type of research is a classroom action research of two cycles. Each cycle consists of planning, execution, observation, and reflection. The subjects of this study were students of class XII Ips-1 MAN 2 Kebumen 2017/2018. Data obtained from learning motivation instruments and observation data in the classroom. The results showed that the application of cooperative learning make a match technique can improve the motivation to learn accounting. Student learning motivation increased, in cycle I 56.25% increase in cycle II to 78.125%.

References

Arikunto, S. dkk. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.(p.42)

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.(p.200).

Mardati, A., & Wangid, M. (2015). Pengembangan media permainan kartu gambar dengan teknik make a match untuk kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120 - 132. doi:https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Setianingsih, H. (2016). Keefektifan problem solving dan guided inquiry dalam setting TAI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kedisiplinan diri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 221-233. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.6143

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning. Bandung: Nusa Media. (p.46).

Suyitno, A. (2007). Pemilihan model-model dan penerapannya di SMP. Semarang: Universitas Negeri Semarang. (p.10).

Undang-Undang Negara Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, H. B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. (p.23)

Utami, R. (2015). Evaluasi efektivitas model kooperatif learning tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika kelas X di SMA N 1 Prambanan tahun 2012/2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(2), 64-73. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wdpep.v3i2.2141

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sardiman A. M. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.

Khasanah, U. (2011). Pengaruh pembelajaran make a match dan index card match terhadap pemahaman siswa kelas X SMA Institut Indonesia Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Semarang: Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Volume 2 Nomor 2 (143-154)