Endang Osik Wasitaningdyah (1)
Isu pendidikan akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak pihak yang muncul bersamaan dengan perkembangan dan meningkatnya pengaruh informasi dan kebudayaan serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan prestasi siswa kelas V SDN Mejayan 01 Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun pada pelajaran Pendidikan Agama Katolik dengan menggunakan model learning cyrcle.  Meningkatkan  prestasi belajar siswa kelas V SDN Mejayan 01 Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun dalam pelajaran Pendidikan Agama Katolik, dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cyrcle.  Aktivitas belajar siswa kelas V SDN Mejayan 01 Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun dengan model pembelajaran Learning Cyrcle.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Learning Cyrcle  memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mendalamnya  pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari putaran/siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 50,00 %, 75,00 %, dan 100,00 %. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.
Â
Abstract: The issue of education has recently become the concern of many parties, which has emerged along with the development and increasing influence of information and culture as well as the development of science and technology. This Classroom Action Research (CAR) has the main objective of increasing the achievement of fifth-grade students at SDN Mejayan 01, Mejayan District, Madiun Regency, in Catholic Religious Education lessons using the learning cycle model. Improving the learning achievement of fifth-grade students at SDN Mejayan 01, Mejayan District, Madiun Regency, in Catholic Religious Education lessons, using the Learning Cycle learning model. The learning activities of fifth-grade students at SDN Mejayan 01, Mejayan District, Madiun Regency using the Learning Cycle learning model. This research is action research because the research was conducted to solve learning problems in class. This research also includes descriptive research because it describes how a learning technique is applied and how the desired results can be achieved. The results of this study indicate that the Learning Cycle model has a positive impact on improving student achievement. This can be seen from the depth of students' understanding of the material conveyed by the teacher (learning completeness increases from rounds/cycles I, II, and III), namely 50.00%, 75.00%, and 100.00%, respectively. In the third cycle of a classical student, learning completeness has been achieved.