Kelayakan dan respon siswa terhadap e-jobsheet pola celana wanita di sekolah menengah kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.33292/ter.v6i1.271Keywords:
E-Jobsheet, Pola Celana Wanita, Pendidikan Vokasi, Kelayakan Media, Respon Siswa, R n DAbstract
Penelitian mengenai pemanfaatan e-jobsheet untuk pembelajaran pola celana wanita masih terbatas pada konteks pendidikan vokasi. Studi ini bertujuan: (1) mendeskripsikan langkah pengembangan media e-jobsheet; (2) menilai kelayakan media; dan (3) mengidentifikasi respon siswa pada mata pelajaran Elemen Dasar Pola di SMK N 2 Sewon. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Puslitjaknov melalui lima tahap: analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan revisi, serta uji coba skala terbatas hingga produk akhir. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas X Tata Busana. Data diperoleh melalui angket kepada ahli materi, ahli media, dan peserta didik, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan produk e-jobsheet berhasil dikembangkan; penilaian kelayakan sangat tinggi dari ahli materi (100%) dan ahli media (96,67%); sedangkan respon siswa berada pada kategori sangat baik pada uji skala kecil (81,59%) dan skala terbatas (83,67%). Temuan ini mengindikasikan e-jobsheet layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran pembuatan pola celana wanita. Implikasi praktisnya, guru disarankan mengintegrasikan e-jobsheet dengan demonstrasi langsung dan umpan balik terstruktur. Studi lanjutan dengan sampel lebih beragam serta pengukuran hasil belajar objektif diperlukan untuk menguji efektivitas komparatif.
Feasibility and student responses to a women’s pants patterning e-jobsheet at
Abstract: Research on e-jobsheets for teaching women’s pants patterning remains limited in vocational education. This study aims to: (1) describe the development steps of an e-jobsheet; (2) evaluate its feasibility; and (3) examine student responses in the Basic Pattern Elements course at SMK N 2 Sewon. A research-and-development (R&D) approach adopting the Puslitjaknov model was employed across five stages: needs analysis, initial product development, expert validation and revision, small-scale field testing and revision, and limited field testing leading to a final product. Participants were 33 tenth-grade fashion students. Data were collected via questionnaires administered to a material expert, a media expert, and students, and analyzed using descriptive statistics. The results indicate that the e-jobsheet product was successfully developed; feasibility ratings were very high from the material expert (100%) and the media expert (96.67%); student responses were classified as very good in the small-scale test (81.59%) and in the limited test (83.67%). These findings suggest the e-jobsheet is suitable to support instruction in women’s pants pattern making. Practically, teachers are encouraged to pair the e-jobsheet with in-class demonstrations and structured feedback. Further studies with more diverse samples and objective learning-outcome measures are recommended to assess comparative effectiveness.
References
Maulidina, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-jobsheet Pembuatan Macam-macam Pola Lengan Berbasis Sigil Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Depok. Skripsi. FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18-32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Putri, P, E.D.M. & Setiawan, A. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Pembuatan Belahan Busana Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Berbasis Videoâ€. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. (Vol. 8 No. 1). Hlm.2.
Rifa’i dan Ani, C.T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNES PRESS
Rumlan, A. (2017). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sari, S. A. (2016). “Pengembangan Buku Digital Melalui Aplikasi Sigil pada Mata Kuliah Cookies dan Candysâ€, Jurnal Science Tech (Vol. 1 Nomor 2). Hlm.46
Setuju dan Slamet, P. (2015) Penerapan Media Pembelajaran Multimedia dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas pembelajaran Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X Permesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1). Hlm 92
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung. Alfabeta.
Suprihatingrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Susanti, S. (2019) “Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Untuk Pembelajaran Membuat Pola Dasar Sistem Soen†KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. (Vol. 5 No. 1). Hlm 207
Sutirman. (2013). Media & Model - model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tim Puslitjaknov. Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, (2008).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Teacher in Educational Research

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER.