Kelayakan dan respon siswa terhadap e-jobsheet pola celana wanita di sekolah menengah kejuruan

Authors

  • Diana Hafilda Digdho Diharjo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Ari Setiawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Enggar Kartikasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33292/ter.v6i1.271

Keywords:

E-Jobsheet, Pola Celana Wanita, Pendidikan Vokasi, Kelayakan Media, Respon Siswa, R n D

Abstract

Penelitian mengenai pemanfaatan e-jobsheet untuk pembelajaran pola celana wanita masih terbatas pada konteks pendidikan vokasi. Studi ini bertujuan: (1) mendeskripsikan langkah pengembangan media e-jobsheet; (2) menilai kelayakan media; dan (3) mengidentifikasi respon siswa pada mata pelajaran Elemen Dasar Pola di SMK N 2 Sewon. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Puslitjaknov melalui lima tahap: analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan revisi, serta uji coba skala terbatas hingga produk akhir. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas X Tata Busana. Data diperoleh melalui angket kepada ahli materi, ahli media, dan peserta didik, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan produk e-jobsheet berhasil dikembangkan; penilaian kelayakan sangat tinggi dari ahli materi (100%) dan ahli media (96,67%); sedangkan respon siswa berada pada kategori sangat baik pada uji skala kecil (81,59%) dan skala terbatas (83,67%). Temuan ini mengindikasikan e-jobsheet layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran pembuatan pola celana wanita. Implikasi praktisnya, guru disarankan mengintegrasikan e-jobsheet dengan demonstrasi langsung dan umpan balik terstruktur. Studi lanjutan dengan sampel lebih beragam serta pengukuran hasil belajar objektif diperlukan untuk menguji efektivitas komparatif.

 

Feasibility and student responses to a women’s pants patterning e-jobsheet at

 

Abstract: Research on e-jobsheets for teaching women’s pants patterning remains limited in vocational education. This study aims to: (1) describe the development steps of an e-jobsheet; (2) evaluate its feasibility; and (3) examine student responses in the Basic Pattern Elements course at SMK N 2 Sewon. A research-and-development (R&D) approach adopting the Puslitjaknov model was employed across five stages: needs analysis, initial product development, expert validation and revision, small-scale field testing and revision, and limited field testing leading to a final product. Participants were 33 tenth-grade fashion students. Data were collected via questionnaires administered to a material expert, a media expert, and students, and analyzed using descriptive statistics. The results indicate that the e-jobsheet product was successfully developed; feasibility ratings were very high from the material expert (100%) and the media expert (96.67%); student responses were classified as very good in the small-scale test (81.59%) and in the limited test (83.67%). These findings suggest the e-jobsheet is suitable to support instruction in women’s pants pattern making. Practically, teachers are encouraged to pair the e-jobsheet with in-class demonstrations and structured feedback. Further studies with more diverse samples and objective learning-outcome measures are recommended to assess comparative effectiveness.

References

Maulidina, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-jobsheet Pembuatan Macam-macam Pola Lengan Berbasis Sigil Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Depok. Skripsi. FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18-32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Putri, P, E.D.M. & Setiawan, A. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Pembuatan Belahan Busana Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Berbasis Videoâ€. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. (Vol. 8 No. 1). Hlm.2.

Rifa’i dan Ani, C.T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNES PRESS

Rumlan, A. (2017). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sari, S. A. (2016). “Pengembangan Buku Digital Melalui Aplikasi Sigil pada Mata Kuliah Cookies dan Candysâ€, Jurnal Science Tech (Vol. 1 Nomor 2). Hlm.46

Setuju dan Slamet, P. (2015) Penerapan Media Pembelajaran Multimedia dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas pembelajaran Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin 1 Kelas X Permesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1). Hlm 92

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung. Alfabeta.

Suprihatingrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Susanti, S. (2019) “Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Untuk Pembelajaran Membuat Pola Dasar Sistem Soen†KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. (Vol. 5 No. 1). Hlm 207

Sutirman. (2013). Media & Model - model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tim Puslitjaknov. Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, (2008).

Downloads

Published

2024-03-11

How to Cite

Diharjo, D. H. D., Setiawan, A., & Kartikasari, E. (2024). Kelayakan dan respon siswa terhadap e-jobsheet pola celana wanita di sekolah menengah kejuruan. Teacher in Educational Research, 6(1), 17–21. https://doi.org/10.33292/ter.v6i1.271

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.