Kontribusi pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif, motivasi belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia

(1) * Sri Rahayu Mail (SMP Negeri 1 Mlati, Indonesia)
(2) Yuli Prihatini Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif, motivasi belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia SMP Negeri se-Kecamatan Mlati. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik SMP Negeri se-Kecamatan Mlati yang berjumlah 384, Sedangkan sampel penelitian ini adalah 96. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Pengajuan hipotesis ini menggunakan product moment untuk pengujian hipotesis satu, dua dan tiga sedang hipotesis yang keempat menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan multimedia interaktif, motivasi belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Dengan denikian guru hendaknya selalu meningkatkan pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif, motivasi belajar, dan lingkungan belajar agar prestasi belajar peserta didik selalu meningkat.

 

The contribution of using interactive multimedia, learning motivation, and learning environment in the Indonesian language

 

Abstract: This research is intended to find out how far interactive multimedia learning, learning motivation, and learning environment could influence the learning achievement of Indonesian language subjects in all junior high schools in the Mlati sub-district. This research is conducted on students of junior high school of Mlati sub-district which is counted of 384, meanwhile, the sample only takes 96 students among them. Random sampling is being used as the sampling technique with questionnaire and document is used for the data collection. The first, second and third hypothesis, is tested by product-moment, while the fourth hypothesis is tested by multiple regression. The result shows that there is a significant positive influence between interactive multimedia learning, learning motivation and learning environment with learning achievement of Indonesian language subjects. Therefore, Indonesian language teachers should always increase the usage of interactive multimedia in learning, learning motivation and learning environment in order to increase the learning achievement of the students.


Keywords


Multimedia interaktif; motivasi; lingkungan; prestasi belajar; interactive multimedia; motivation; environment; learning achievement

   

DOI

http://dx.doi.org/10.33292/ter.v3i1.165
      

Article metrics

10.33292/ter.v3i1.165 Abstract views : 198 | PDF views : 84

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Damopolii, V., & Bito, R. N. (2019). Efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia pada materi segiempat. Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85.

Hapnita, W. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. Cived, 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah Melalui Ujian Nasional, dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan Melalui Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetar, (2015).

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo Persada.

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran (J. Jamludin (ed.)). Ghalia Indonesia.

Siswanto, Karimullah, Prasetyawati, R., & Nurhayati. (2019). Environmental cultured education and its implication on the student’s competencies in an adiwiyata school . Cakrawala Pendidikan, 38(3), 552–564. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.23154

Slameto, S. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bina Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sundari, N. (2008). Perbandingan prestasi belajar antara siswa sekolah dasar unggulan dan siswa sekolah dasar non-unggulan di Kabupaten Serang. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(9), 1–4.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Syafitri, D. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika melalui alat peraga pada siswa sekolah dasar. Teacher in Educational Research, 2(2), 63–70. https://doi.org/10.33292/ter.v2i2.77

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. PT Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Walgito, B. (2005). Bimbingan dan konseling (Studi dan karir). Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Teacher in Educational Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER

TER Stats