Paimun Paimun (1)
Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menentukan pasangan bilangan dengan hasil kali tertentu menggunakan  model Bendera Matematika terhadapanak kelas II untuk meningkatan  nilai rata-rata ulangan harian, peningkatan presentase capaian KKM, dan respon terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian anakkelas II B SDN Wonosari I, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, catatan lapangan, tes, angket, observasi, dokumentasi.. Kriteria keberhasilan penelitian diukur dari:  (1) nilai rata-rata kelas minimal 75, (2) minimal 80% siswa mencapai KKM, yaitu 75, dan minimal 80% anak memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan model Bendera Matematika meningkatkan keterampilan menentukan pasangan bilangan dengan hasil kali tertentu. Terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan.Diantaranya (1) hasil tes menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. (2) persentaseanak mencapai KKM meningkat, dan (3) respon anak terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Pre test, nilai rata-rata mencapai 72,86 dan persentase ketuntasan 53,57%,. Siklus 1 nilai rata-rata 85,00 dan persentase anak mencapai nilai KKM sebesar 67,85%, dan 100% anakmemberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Siklus 2 nilai rata-rata mencapai 91,79dan persentase mencapai KKM sebesar 100%, serta 100% anak memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.
Bell, F. H. (1978). Teaching and learning mathematics (in secondary schools). WC Brown Company.
Boyd, D. R., Bee, H. L., & Santrock, J. W. (2012). Life-span development. McGraw-Hill Education.
Dahar, R. W. (2012). Teori-teori belajar & pembelajaran. Erlangga. https://doi.org/2012
Fathani, A. H. (2009). Matematika hakikat dan logika. Ar-Ruzz Media.
Feldman, R. S. (2013). Discovering the life span. Pearson Education.
Freudenthal, H. (1972). Mathematics as an Educational Task. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-010-2903-2
Freudenthal, H. (2012). Mathematics as an educational task. Springer Science & Business Media.
Ibrahim, I., & Suparni, S. (2008). Strategi pembelajaran matematika. Sukses Offset.
Immergut, B., & Smith, J. B. (1994). Arithmetic and Algebra--Again. McGraw-Hill.
Indriani, A. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa kelas v terhadap prestasi belajar matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 134–139.
Izzati, R. E., Suardiman, S. P., Ayriza, Y., Purwandari, P., Hiryanto, H., & Kusmaryani, R. E. (2008). Perkembangan peserta didik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mukti, P. A. (2012). Improving students’ vocabulary mastery using cartoon films (A classroom action research conducted at the seventh grade in SMP Negeri 1 Grogol Sukoharjo in the academic year 2010/2011) [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/26156/Improving-Students-Vocabulary-Mastery-Using-Cartoon-Films-A-Classroom-Action-Research-Conducted-at-the-Seventh-Grade-in-SMP-Negeri-1-Grogol-Sukoharjo-in-the-Academic-Year-20102011
Piaget, J., & Inhelder, B. (2010). Psikologi anak (M. Jannah (trans.)). Pustaka Pelajar.
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118
Salamah, A. A. A. (2015). Analisis miskonsepsi siswa menggunakan pendekatan kognitif menurut teori Piaget pada materi optik kelas VIII MTs NU Mu’allimat Kudus [UIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/5002/
Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Kanisius.