(2) Mulyoto Mulyoto (Direktorat Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
(3) Sunarto Sunarto (Direktorat Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) kebiasaan belajar terhadap prestasi hasil belajar, 2) minat studi lanjut terhadap prestasi hasil belajar, 3) pemanfaatan internet terhadap prestasi hasil belajar, 4) kebiasaan belajar, minat studi lanjut, dan pemanfaatan internet secara bersama-sama terhadap prestasi hasil belajar..Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi hasil belajar peserta didik. 2) Minat studi lanjut berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi hasil belajar peserta didik. 3) Pemanfaatan internet tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi hasil belajar peserta didik. 4) Kebiasaan belajar, minat studi lanjut, dan pemanfaatan internet secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi hasil belajar peserta didik. Konstribusi variabel kebiasaan belajar, minat studi lanjut, dan pemanfaatan internet terhadap prestasi hasil belajar sebesar sebesar 48,8 %.  Influence of learning habits, interest study and internet use toward achievment of learning result participants classifield  Abstract This study aims to determine the effect of: 1) learning habits on the achievement of learning outcomes, 2) interest in advanced study on achievement of learning outcomes, 3) Internet utilization of achievement of learning outcomes, 4) study habits, interest in further study, and utilization of internet together same to the achievement of learning outcomes of students class XII IPA MAN 2 Kebumen The results showed that: 1) learning habits have a positive and significant impact on the achievement of learners' learning outcomes. 2) Interest in further studies have a positive and significant impact on achievement of learning outcomes of learners. 3) Utilization of the internet has no positive and significant impact on the achievement of learners' learning outcomes. 4) Habits of learning, interest in further study, and utilization of the internet together have a positive and significant impact on the achievement of learners learning outcomes. Contribution of learning habit variable, interest of advanced study, and internet utilization to achievement of learning result equal to 48,8%. Keywordskebiasaan belajar; minat; Internet; prestasi belajar
|
DOIhttp://dx.doi.org/10.33292/ter.v1i1.7 |
Article metrics10.33292/ter.v1i1.7 Abstract views : 400 | PDF views : 399 |
Cite |
Full TextDownload |
References
Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan Ed. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2013). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Dalyono. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali. (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah, S. B., (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rusman; D. K. & Cepi R. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT Raja Grafindo
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syah M. (2015). Psikologi belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Supriyanto, H. (2019). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat membaca siswa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 68-82. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i2.3376
Undang undang RI No. 20 Tahun 2003 Pasal 1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Teacher in Educational Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER.