Students at the centre of learning: Revitalisasi pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai penguatan core intelektual

Farid Setiawan(1), Zalik Nuryana(2*),

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Perpustakaan sebagai unit penting di lingkungan sekolah selama ini agak kurang mendapatkan perhatian serius. Kondisi perpustakaan yang lusuh dan tidak terurus mendorong dilakukan program revitalisasi, baik dari sisi visi-misi, program hingga pelayanan. Tulisan ini mencoba mengelaborasi beberapa aspek revitalisasi perpustakaan tersebut dengan metode deskriptif analitik. Kajian teori yang disandingkan dengan fakta-fakta di lapangan (sekolah) menemukan bahwa kunci utama untuk mengembalikan marwah perpustakaan sebagai bagian dari rumah intelektual terletak pada komitmen seluruh warga sekolah. Komitmen ini diaktualisasikan dalam kesamaan visi-misi dan program-program strategis. Peningkatan kualitas layanan pustakawan/wati juga sangat menentukan untuk mengembalikan marwah perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan di sekolah.

Keywords


pusat pembelajaran; perpustakaan sekolah; rumah intelektual

Full Text:

Fulltext PDF

References


Adhiarya, K., Setyadi, A., & Suwarno, W. (2013). Kajian sikap pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan di perpustakaan fakultas teknologi informasi dan komunikasi Universitas Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(1), 77–88. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/2797

Everhart, N. (2013). Defining a vision of outstanding school libraries. Teacher Librarian, 41(1), 14-19.

Imamah, F. N. (2017). Penerapan standar nasional perpustakaan perguruan tinggi (SNP010:2011) di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3559/

Kartanegara, M. (2006). Reaktualisasi tradisi ilmiah Islam. Baitul Ihsan.

Mansyur, M. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah. Pustakaloka, 7(1), 43–54. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v7i1.184

Mokhtar, I. A., & Majid, S. (2005). Use of school libraries by teachers in Singapore schools. Library Review, 54(2), 108–118. https://doi.org/10.1108/00242530510583057

Myers, E. A. (2003). Zaman keemasan Islam: Para ilmuwan Muslim dan pengaruhnya terhadap dunia Barat. Fajar Pustaka Baru.

Nakosteen, M. (1995). Kontribusi Islam atas dunia intelektual barat: Deskripsi analisis abad keemasan Islam. Risalah Gusti.

Nuryana, Z., Nurcahyati, I., Rahman, A., Setiawan, F., & Fadillah, D. (2020). The challenges and solutions of teachers’ problems to achieve education golden era. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 583–590. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080230

Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., & Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: Best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 227–233. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20279

Perpustakaan Nasional, R. I. (2011). Standar nasional perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003).

Rahayuningsih, R. S., Fajaruddin, S., & Manggalasari, L. C. (2018). The implementation of total quality management in vocational high schools. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.20

Rifai, A. (2013). Perpustakaan Islam: konsep, sejarah, dan kontribusinya dalam membangun peradaban Islam masa klasik. Divisi Buku Perguruan Tinggi, PT RajaGrafindo Persada.

Sallis, E. (2014). Total quality management in education. Routledge.

Setiawan, F. (2015). Geneologi dan modernisasi sistem pendidikan Muhammadiyah 1911-1942.

Setiawan, F., Sucipto, S., & Desti Liana Kurniati. (2010). Mengokohkan spirit pendidikan Muhammadiyah. Pyramedia.

Suwarno, W. (2016). Mengembangkan sdm perpustakaan dalam rangka menuju world class university. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 4(1), 105. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i1.1241

Tilke, A. (1995). Managing change in school libraries. New Library World. https://doi.org/10.1108/03074809510084416

Tim Divisi Data dan Informasi CIPSI. (2008). Para pemikir dalam tradisi ilmiah islam: kumpulan biografi dan karya filosof, saintis dan teolog muslim. CIPSI.

Widya, A. N., & Suwarno, W. (2013). Persepsi pemustaka tentang sikap Pustakawan pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Daerah Jepara. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(4), 82–96. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/4649




DOI: http://dx.doi.org/10.33292/ter.v2i1.66

Article Metrics

Abstract view : 104 times
Fulltext PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teacher in Educational Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER.