Penerapan pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa sekolah dasar

(1) * Sri Purwatininghandayani Mail (SD Muhammadiyah Gondanglegi Tempel, Indonesia)
(2) Ani Wahyuni Mail (SD Piyaman III Wonosari Gunungkidul, Indonesia)
(3) Donny Khoirul Azis Mail (IAIN Purwokerto, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pelaksanaan model pembelajaran picture and picture, (2) mengetahui motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran picture and picture, (3) mengetahui prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran picture and picture di kelas I SD Muhammadiyah Gondanglegi Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis kelas dengan Tehnik Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen pembelajaran yaitu berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar pengamatan dan Instrumen Soal. Tehnik dan Instrumen pengumpulan data melalui tes dan observasi. Olah data dari pengumpulan data primer, reduksi data selanjutnya dianalisis. Hasil penelitian: (1) pelaksanaan pembelajaran dapat dilaksanakan sampai 75% dengan sesuai langkah-langkahnya; (2) motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan dan dalam kategori sangat tinggi; (3) prestasi belajar siswa meningkat mencapai 50, pencapaian KKM secara klasikal mencapai. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi siswa dan dapat diimplementasikan di kelas dengan baik.

 

The application of picture and picture learning to improve the motivation and achievement of elementary school students

 

Abstract

The purpose of this research is (1) to know the implementation of learning model picture and picture, (2) to know student learning motivation after application of picture and picture learning model, (3) to know student learning achievement after application of learning model picture and picture in class I SD Muhammadiyah Gondanglegi Paste. This research is a classroom-based research with Classroom Action Research Technique. Learning instrument that is in the form of Learning Implementation Plan (RPP), Observation Sheet and Problem Instrument. Techniques and instruments of data collection through tests and observations. If data is collected from primary data collection, data reduction is then analyzed. Result of research: (1) implementation of learning can be done up to 75% with appropriate steps; (2) student learning motivation increased significantly and in very high category; (3) student achievement increased to 50, achievement of KKM in the classical reach. It can be concluded that the application of Picture and Picture learning model can improve student motivation and can be implemented in class well.


Keywords


pembelajaran Picture and Picture; motivasi; prestasi belajar;

   

DOI

http://dx.doi.org/10.33292/ter.v1i1.6
      

Article metrics

10.33292/ter.v1i1.6 Abstract views : 1019 | PDF views : 765

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta: Bumi Akasara.

Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Doso Warso, A.W.D. (2015). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Sardiman. (2008). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2008). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantotatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siagian, S.P. (2004). Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukaryana. (2002). Penelitian tindakan kelas. malang: proyek peningkatan PPPG.

Tajab. (1990). Ilmu pendidikan. Surabaya: Karya Aditama.

Tarigan, H.G. (2015). Membaca sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

UU Nomor 20 Tahun 2003. Tentang sistim pendidikan nasional. Menteri Pendidikan RI.

Winkel, W. S. (1996). Psikologi pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Wati, W., Haryanto, S., & Supriyoko, S. (2018). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe tgt untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 83-89. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i1.3221


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teacher in Educational Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER

TER Stats