Login

Penerapan pendekatan CTL tipe kooperatif STAD untuk peningkatan minat belajar siswa pada materi kalor

Vol. 3 No. 2 (2021):

S. Ratih Uswatun Khasanah (1)

(1) Madrasah Aliyah Negeri 1 Siak, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Studi baru tentang penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL ) dalam tatanan kooperatif tipe STAD terhadap pengaruh minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Pendekatan CTL mengaitkan antara materi pelajaran dengan situasi di sekitarnya, dan keunggulan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat memotivasi siswa untuk saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai materi pelajaran. Motivasi sangat erat hubungannya dengan unsur minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan CTL  terhadap minat belajar fisika Kelas XI IPA 1 MAN 1 Siak pada pokok bahasan Kalor. Untuk mendapatkan data minat belajar siswa, peneliti menggunakan instrumen berupa angket, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasilnya, pada Siklus 1 persentase ketercapaian siswa  hanya 54,5%, tidak sesuai dengan harapan. Sedangkan pada Siklus 2 persentase ketercapaian minat belajar Fisika siswa meningkat menjadi 90,9%. Berdasarkan hasil uji statistik deskriptif diperoleh nilai untuk pra-tindakan M=70.53; SD=8.17. Dan hasil dengan tindakan M=82.84; SD= 4.13. Dapat disimpulkan bahwa persentase ketercapaian minat belajar Fisika siswa dari Siklus 1 ke Siklus 2 mengalami peningkatan.

 

Application of CTL approach of STAD co-operative type to increase students' interest in learning on heat material


Abstract: A new study on the application of Contextual Teaching and Learning (CTL ) approaches in a STAD-type cooperative setting to influence students' learning interests in physics subjects. The CTL  approach relates the subject matter to the surrounding situation, and the advantages of a Student Teams Achievement Division (STAD) type cooperative learning model can motivate students to support each other and help each other master the subject matter. Motivation is very closely related to the element of interest. This study aims to determine the influence of the application of the CTL  approach on the interest in learning physics Class XI IPA 1 MAN 1 Siak on the subject of Caloric. To obtain data on students' learning interests, researchers used instruments in the form of questionnaires, observations, and documentation. The data obtained is analyzed using descriptive statistical analysis. As a result, in cycle 1, the percentage of student achievement was only 54.5%, not in line with expectations. Meanwhile, in cycle 2, the percentage of students' interest in physics increased to 90.9%. Based on descriptive statistical test results obtained values for pre-action M=70.53; SD=8.17. And the result with action M=82.84; SD= 4.13. It can be concluded that the percentage of achievement of students studying Physics from cycle 1 to cycle 2 has increased.

References

Hadiyanta, N. (2013). Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Kependidikan, 43(1), 32-38.Diakses dari https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2248

Hajerina, H. (2018). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (ctl ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 18 Sigi pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 113–122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.270

Handini, D., Gusrayani, D., Panjaitan, R. L. (2016).Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451-460. Diakses dari http://dx.doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974

Hidayat, M., S., S., & E., E. (2020). Penerapan model student team achievement division (STAD) pada pembelajaran fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Saling. Journal of Mathematics Science and Education, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.31540/jmse.v3i1.1059

Israil, I. (2019). Implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

John B. Thompson (1995). The media and modernity : A social theory of the media. In: Communication. Information Médias Théories, volume 18 n°1, décembre 1997. pp. 193-195.

Kadang, ST. Aminah, Jonner Nainggolan. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar fisika pada materi gelomang siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia 5(1), 43-54. https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI/article/view/236/208.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lail, M. J. (2014). Model kooperatif stad berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada pembelajaran fisika di SMA. Universitas Jember.

Laili, H. (2017). Keefektifan model cooperative learning tipe STAD dan CTL pada materi pokok himpunan ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar fisika. FONDATIA, 1(1), 92–114. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i1.90

Mahmudah, H. D. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis CTL dengan bantuan kartu masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMK N 1 Boyolali. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Fisika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universita.

Maulana, P., Akbar, A. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2), 46-59. Diakses dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/8850/7054

Muhlisin, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa terpadu berbasis contextual teaching and learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) tema polusi udara. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2).

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran (sesuai kurikulum 2013). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Olinan, R. M., & Sujatmika, S. (2017). Pengaruh STAD terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa (effect of student teams achievement division on learning results reviewed from student learning motivation). Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 13–18. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/1849

Ridasari, N., & Ridasari, N. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan reaksi reduksi-oksidasi dan elektrokimia. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 89–95. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2479

Riduwan. (2003). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning - Google Books. BOOK. https://www.google.co.id/books/edition/Cooperative_Learning/GWnuAAAAMAAJ?hl=id&gbpv=0&bsq=slavin cooperative learning

Suratmin, S. (2020). Penerapan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris. Jurnal Dikdas Bantara, 3(1), 333–340. https://doi.org/10.32585/jdb.v3i1.582

Suwanda, A. R., Masriani., Sartika, R. P. (2016).Model pembelajaran kooperatif tipe STAD: aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Materi hidrolisis garam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(9), 1-10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16570

Wahyudi. (2012). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 203–208.

Wicaksono, M. A., & Agustyaningrum, N. (2018). Efektifitas pendekatan CTL dan PBL dengan setting kooperatif tipe STAD ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa. 4(1), 23–35.

Winarti. (2015). Contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 1(1), 1-8. http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.4

Windra, D. (n.d.). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pendekatan CTL terhadap hasil belajar fisika siswa sMAN 2 Koto XI Tarusan.

Zubaidillah, M. M., Kirana, T., & Poedjiastoeti, S. (2016). Development of STAD cooperative based learning set assisted with animation media to enhanche students’ learning outcome in MTS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 247–255. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.6004