Pengaruh pendidikan orang tua, sarana prasarana belajar dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa sekolah menengah kejuruan

(1) * Ekosanti Yogopurnomo Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
(2) Samsi Haryanto Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
(3) Pardimin Pardimin Mail (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendidikan orang tua, sarana belajar, minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK Muhammadiyah Mertoyudan Magelang. Popu-lasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 SMK Mertoyudan Magelang yang berjumlah 234 siswa yang terdiri dari delapan kelas, yaitu siswa SMK 1 dengan jumlah siswa 24 siswa, sedangkan sis-wa SMK 2 berjumlah 210 yang terdiri dari tujuh kelas. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 47 siswa dengan teknik sampling yaitu cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bah-wa ada pengaruh sangat signifikan antara pendidikan orang tua, sarana dan prasarana belajar dan minat belajar secara sendiri-sendiri dengan prestasi belajar matematika siwa kelas XI SMK. Ada hu-bungan sangat signifikan antara pendidikan orang tua, sarana dan prasarana dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika siwa kelas XI.

Kata Kunci: Pendidikan Orang Tua, Sarana Prasarana Belajar, Minat Belajar Siswa, Prestasi belajar

 

The effect of parental education, learning infrastructure, and student interest in learning achievement in mathematics
student vocational school

 

Abstract: This study aims to determine the effect of parents' education, learning facilities, and student's interest in learning on students' mathematics learning achievement individually and jointly on students' mathematics learning achievement of SMK Muhammadiyah Mertoyudan Magelang. The population in this study were all 2nd-grade students of SMK Mertoyudan Magelang, totaling 234 students consisting of eight classes, namely SMK 1 students with 24 students, while SMK 2 students totaled 210 consisting of seven classes. The number of samples used was 20%, so a sample of 47 students was obtained with the sampling technique, namely, cluster random sampling. The data analysis technique used is Product Moment Correlation. The results of the analysis show that there is a very significant influence between parental education, learning facilities and infrastructure, and interest in learning individually with the mathematics learning achievement of students in class XI SMK. There is a very significant relationship between parental education, facilities and infrastructure, and interest in learning together with the mathematics learning achievement of students in grade XI.


Keywords


Pendidikan Orang Tua; Sarana Prasarana Belajar; Minat Belajar Siswa; Prestasi belajar

   

DOI

http://dx.doi.org/10.33292/ter.v3i1.177
      

Article metrics

10.33292/ter.v3i1.177 Abstract views : 98 | PDF views : 60

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Fajaruddin, S., Retnawati, H., Prihono, E. W., Yusron, E., & Prihatni, Y. (2021). Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak? Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 127–134. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.12273

Haryanti, D. (2021). Pendidikan Islam dalam keluarga persepektif Abdullah Nashih Ulwan. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(2), 191–208. https://doi.org/10.32923/edugama.v7i2.2030

Helmawati, H. (2014). Pendidikan keluarga: teoritis dan praktis. PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, L., & Arigiyati, T. A. (2016). Hubungan antara minat, fasilitas dan persepsi terhadap kemampuan mengajar guru matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Se-kecamatan Kasihan. Union, 4(2). https://doi.org/10.30738/.v4i2.428

Murtiningsih, L. (2018). Pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD se-Gugus Kusuma. Basic Education, 7(40), 4–9. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14109

Olivia, F. (2013). Gembira bermain corat coret. Elex Media Komputindo.

Pidarta, M. (2016). Manajemen pendidikan dalam era globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.17977/jip.v5i2.960

Prastika, Y. D. (2021). Hubungan minat belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (2005).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Teacher in Educational Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER

TER Stats