Peran guru dalam menumbuhkan literasi dan minat baca siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.33292/ter.v7i2.514Keywords:
Literasi Sekolah, Minat Baca, Peran GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan literasi dan minat baca siswa, (2) mengetahui faktor pendukung dalam menumbuhkan literasi minat baca siswa, (3) mengetahui faktor penghambat dalam menumbuhkan literasi dan minat baca siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Kadisoka sejak bulan Desember 2022 hingga Agustus 2023 dengan sampel penelitian kelas III yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa (1) peran guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa di SD Muhammadiyah Kadisoka dilakukan melalui pendampingan terhadap peserta didik selama 15 menit untuk kegiatan literasi sekolah di kelas masing-masing. Hal tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan minat membaca siswa melalui kegiatan literasi. (2) Faktor Pendukung dalam menumbuhkan minat baca siswa yaitu guru sudah mengajak siswa untuk membaca, siswa bersifat kooperatif dalam pelaksanaan literasi, siswa mempunyai dorongan yang kuat dari guru. (3) faktor penghambat dalam menumbuhkan literasi yaitu siswa tidak meluangkan waktu untuk membaca, siswa hanya membaca atas perintah guru dan siswa jarang mengunjungi perpustakaan. Keterbaruan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru SD Muhammadiyah Kadisoka dalam menumbuhkan minat baca siswa, terutama di kelas III. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu siswa dengan prestasi yang paling unggul dan kurang. Dengan begitu dapat diketahui gap antara minat baca dari siswa yang mempunyai prestasi unggul dan kurang.
The role of teachers in fostering literacy and reading interest among elementary school students
Abstract: This study aims to (1) describe the role of teachers in fostering students' literacy and reading interest, (2) knowing the supporting factors in growing students' reading interest literacy, (3) knowing the inhibiting factors in growing students' literacy and reading interest. The type of research used in this research is qualitative with a case study method. This research was conducted at SD Muhammadiyah Kadisoka from December 2022 to August 2023 with a class III research sample of 6 students. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation and conclusions. The results of this study obtained that (1) the role of teachers in fostering students' interest in reading at SD Muhammadiyah Kadisoka is carried out through mentoring students for 15 minutes for school literacy activities in their respective classes. This is carried out to increase students' interest in reading through literacy activities. (2) Supporting factors in fostering students' interest in reading are that the teacher has invited students to read, students are cooperative in implementing literacy, students have strong encouragement from the teacher. (3) Inhibiting factors in cultivating literacy are that students do not take time to read, students only read at the teacher's command and students rarely visit the library. The novelty of this research is to find out the role of Muhammadiyah Kadisoka Elementary School teachers in fostering students' interest in reading, especially in class III. This study uses a sample of students with the most superior and lowest achievement. That way we can know the gap between the reading interest of students who have superior and less achievement.
References
Agustina, R. N., & Erviana, V. Y. (2020). Analisis kesulitan guru dalam penerapan di SD Muhammadiyah Karangwaru. Jurnal Fundadikdas, 3(3), 223–234.
Amelia, T. U., & Kurniaman, O. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi minat baca siswa SD Negeri 125 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 29-40.
Andhika, M. R. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 54. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i01.598
Darlin, H., & Fitriani, E. (2020). Upaya sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa. Jurnal Perspektif, 3(4), 577. https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i4.335
García, O., & Kleifgen, J. A. (2020). Translanguaging and literacies. Reading research quarterly, 55(4), 553-571.
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873.
Khaulani, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis kebijakan dan pengelolaan pendidikan dasar terkait standar isi di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 121–127. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.112
Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 1(1), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Maimunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Penerbit 3M Media Karya Serang.
Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya meningkatkan minat baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra II FBS UNM, December, 203–2017. https://osf.io/va3fk
Putri, D. A. R., & Aprilianti, P. A. (2021). Faktor-faktor minat baca buku pengembangan diri. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2, 65–102. https://doi.org/10.22515/literasi.v2i1.4411
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai- nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Resmi, W. S. S. (2021). Media pembelajaran komik untuk meningkatkan motivasi dalam literasi membaca pemahaman. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 76–83. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.10403
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian (6, 3, 230–237). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya meningkatkan minat baca siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938
Solahudin, D. dkk. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya minat baca pada siswa kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1404–1409. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Sutrisna, I., Sriwulan, S., & Nugraha, V. (2019). Pengaruh gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 521-528.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Yusdianti, Y., Noviyanti, N. D., Meylani, A. N., & Fajaruddin, S. (2024). Menyelami dunia mahasiswa: Mengapa minat membaca mereka terus menurun?. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 12(2), 204–214. https://doi.org/10.30738/wd.v12i2.19118
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Rakhima Sahida, Vera Yuli Erviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Teacher in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.ressi.id/index.php/TER.