Eni Indarwati (1)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah, (2) kendala dan pendukung implementasi penguatan pendidikan karakter, serta (3) hasil implementasi penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Al Mujahidin, Wonosari, Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul, pada tahun pelajaran 2018/2019. Sumber data penelitian ini adalah informan yang terdiri atas kepala sekolah sebagai key informan, guru kelas, dan guru pembimbing ekstrakurikuler, kegiatan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunkan triangulasi data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa: (1) implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dilakukan melalui: pembiasaan, keteladanan, pelibatan pemangku kepentingan, kepatuhan terhadap tata tertib sekolah, branding sekolah, literasi, dan ekstrakurikuler. (2) Kendala implementasi penguatan pendidikan karakter: kemampuan guru dalam memberi nasihat, mempengaruhi, dan memotivasi peserta didik, sulit mengukur keberhasilan penanaman nilai-nilai karakter, belum sinkron antara pembiasaan dan keteladanan karakter yang ditanamkan di sekolah dengan perlakuan, pembiasaan, dan keteladanan di rumah. Sedangkan Faktor pendukung: adanya komitmen orang tua, komitmen guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter, adanya instrumen untuk memantau ketercapaian, konsistensi guru dan peserta didik dalam implementasi penguatan pendidikan karakter. (3) Hasil dari implementasi penguatan pendidikan karakter diantaranya adalah: peserta didik menjadi pribadi yang shaleh/shaleha, peserta didik memiliki integritas moral yang tinggi, peserta didik memiliki akhlakul karimah.
Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p238
Anggraini, M. S. A., & Zulfiati, H. M. (2017). Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD N Kotagede 3 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i3.1877
Dewi, A. E. A., & Mukminan, M. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di middle grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 20–31. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7691
Fitriyani, D. M. (2019). Pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui pembelajaran inovatif berbasis outbound. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(01). http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1067
Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di Kota Majapahit. PEDAGOGIK: JURNAL PENDIDIKAN, 5(2), 193–208. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/380
Hartati, W. (2017). Impelementasi pendidikaan karakter disiplin di SD Negeri 7 Tanjung Raja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.33369/jmksp.v2i2.1470
Herdiawanto, H., Wasitaatmadja, F. F., & Hamdayama, J. (2019). Kewarganegaraan & masyarakat madani. Prenadamedia Group.
Jamiah, Y. (2012). Pembiasaan sikap positif dalam membangun karakter mahasiswa melalui pembelajaran matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 104.
Lickona, T. (2004). Educating for character : how our schools can teach respect and responsibility. Bantam.
Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (2007). CEP’s eleven principles of effective character education. Character Education Partnership.
Malau, B. S. L. (2018). Siswa sekolah dasar tawuran diamankan warga di Depok. WartaKotaLive.Com. https://wartakota.tribunnews.com/2018/08/04/siswa-sekolah-dasar-tawuran-diamankan-warga-di-depok
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal, (2018).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage.
Nuh, M. (2010). Desain induk pendidikan karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Kementrian Pendidikan Nasional.
Prastowo, A. (2016). Malapraktek pendidikan karakter di indonesia dalam perspektif neurosains. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003).
Priatini, W., Latifah, M., & Guhardja, S. (2008). Pengaruh tipe pengasuhan, lingkungan sekolah, dan peran teman sebaya terhadap kecerdasan emosional remaja. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 1(1), 43–53.
Safitri, N. M. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SMP N 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, V(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8621
Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
Shofwan, I., Widhanarto, G. P., & Tristanti, T. (2019). Implementasi pembelajaran nonformal pada sekolah dasar Quran Hanifah di Kota Semarang. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23434
Sudaryanti, S. (2017). Mendidik anak menjadi manusia yang berkarakter. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i2.11706
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Vibriyanthy, R., & Fauziah, P. Y. (2014). Implementasi pendidikan karakter di Homeschooling Kak Seto Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(1), 75–85. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2358
Wasono, H. T. (2018). Siswa SD di Kediri jadi korban bullying, alami infeksi otak. Tempo.Com. https://nasional.tempo.co/read/1055133/siswa-sd-di-kediri-jadi-korban-bullying-alami-infeksi-otak/full&view=ok
Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), 132–142. http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/8214